5 Cara Berbelanja Bersama Anak Tanpa Rewel

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Berbelanja Bersama Anak Tanpa Rewel
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin banyak waktu yang dapat Anda habiskan dengan anak Anda pasti akan semakin menyenangkan, apalagi jika bisa belanja bareng anak Anda. Akan tetapi, anak-anak sering menjadi hambatan dan kendala pada saat mereka berada di tempat umum.

Sudah pernah mengajak si kecil belanja ke supermarket bersama? Jika sudah sering berarti Mama pernah merasakan bagaimana lelahnya melibatkan si kecil terhadap aktivitas yang sedang dijalani.

Si kecil yang sering rewel terkadang membuat orangtua menjadi tidak fokus dengan apa yang ingin dibeli. Bahkan aktivitas belanja ini bisa menjadi sangat lama atau seringkali ada barang yang tidak terbeli.

Untuk mempermudah aktivitas berbelanja bersama si kecil tanpa rewel. Berikut ini ada bebeapa cara agar anak tidak rewel saat belanja, seperti yang dilansir dari laman Popmama.com.

Membuat Daftar Prioritas
Ada baiknya untuk membuat daftar prioritas terlebih dahulu, sebelum merencanakan pergi berbelanja ke supermarket. Terkadang saat berbelanja di supermarket, Mama seringkali melihat barang yang justru tidak ada di daftar prioritas.

Semakin lama melihat-lihat, ini akan membuat durasi belanja menjadi lama dan si kecil bisa merasa bosan. Daftar belanjaan ini seolah mengingatkan Mama untuk tetap belanja sesuai dengan kebutuhan dan prioritas di awal.

Baca Juga: Curi Rokok Dua Slop, Polisi Ringkus Komplotan Pelajar

Daftar priotitas ini juga bisa berguna saat si Kecil sedang rewel, Mama jadi lebih cepat mengambil barang-barang belanjaan sesuai dengan daftar prioritas belanjaan. Sebelum pergi nggak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk membuat daftar prioritas belanjaan ini ya.

Perhatikan Perut Terisi dan Kualitas Tidur Anak
Sebelum berpergian keluar rumah memang penting untuk mengisi perut si kecil. Jangan sampai si kecil merasa kelaparan saat menemani Mama beraktivitas termasuk saat berbelanja di supermarket.

Jika perut si kecil tidak terisi bisa dipastikan dirinya akan gelisah dan lebih sering rewel. Selain mengisi perut si kecil, perhatikan juga kualitas tidurnya. Mengantuk juga akan membuat si kecil tidak bisa diatur. Untuk menyiasati ini, Mama bisa mengajaknya tidur siang terlebih dahulu atau tidur saat perjalanan ke supermarket.

Selalu Membawa Mainan Kesukaannya
Berbelanja di supermarket terkadang tidak bisa langsung cepat ya, Ma. Apalagi kalau ada banyak kebutuhan yang harus dibeli. Namanya anak-anak pasti mudah bosan apalagi saat harus menemani Mama berbelanja hingga selesai. Untuk mengatasi hal ini, Mama bisa membawa mainan kesukaan anak sebagai bentuk pengalihan saat dirinya sudah mulai bosan.

Bawalah 1 atau 2 mainan yang menjadi favorit anak. Usahakan untuk membawa mainan yang kecil saja agar mudah disimpan di dalam tas. Membawa mainan favoritnya dengan ukuran besar hanya akan menyulitkan Mama sendiri lho.

Menggunakan Stroller saat Sedang Berbelanja
Saat diajak ke supermarket terkadang si kecil suka tidak bisa diam ya, Ma. Si kecil bisa saja berlari-lari ke setiap lorong supermarket, belum lagi kalau dirinya memegang barang yang mudah pecah.

Bahkan yang mudah sekali membuatnya rewel saat si kecil melihat ada tempat bermain anak-anak di sekitar supermarket. Terkadang kondisi ini justru membuat si kecil lebih memilih bermain daripada menemani Mama berbelanja.

Cara lain untuk meminimilir kejadian yang tidak diinginkan, Mama bisa menaruh si kecil di stroller. Saat berada di dalam stroller, si kecil pun bisa lebih tenang dan aman. Bahkan tak jarang, bisa tertidur di dalam stroller.

Kalau situasi aman dan terkendali, Mama menjadi lebih leluasa dalam memilih setiap barang di supermarket.

Melibatkan Anak dalam Berbelanja
Mama bisa lho melibatkan si kecil untuk melakukan aktivitas berbelanja menjadi lebih seru. Cara sederhana yang bisa dilakukan seperti bermain tebak-tebakan nama barang saat sedang memutari supermarket.

Tebak-tebakan ini bisa memicu si kecil lebih bahagia saat diajak berlama-lama menemani Mama berbelanja. Jika suasana berbelanja ini terasa menyenangkan, sehingga dirinya tidak akan mudah merasa rewel.

Semoga beberapa cara ini membantu Mama saat sedang berbelanja ke supermarket bersama si kecil. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.