oleh

5 Cara Berbusana yang Tepat Bagi Pria Gemuk

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, tidak hanya wanita gemuk saja yang kesulitan tampil gaya dengan bobot tubuhnya, namun seorang pria juga mengalaminya. Padahal, mereka bisa menyiasatinya dengan memerhatikan bahan baju yang akan digunakan.

Apalagi di era internet seperti sekarangi ini, sebenarnya Anda bisa mendapat banyak inspirasi tampilan modis dan keren bagi si tubuh berisi. Salah satunya dari para pesohor yang tubuhnya di atas rata-rata.

Loading...

Berikut ini lima cara berbusana bagi pria gemuk:

Tipuan Visual
Kunci untuk terlihat langsing adalah menggunakan tipuan visual dengan meminimalisir tampilan permukaan. Misalnya, selipkan kemeja ke dalam celana dan gunakan ikat pinggang agar perut nampak rata. Pakailah kemeja dengan pola garis vertikal, potongan v-neck atau kemeja berkancing agar perhatian mengarah ke pusat tubuh, bukan bagian perut. Selain itu, gunakan busana tone ringan di atas area yang lebih ramping.

Pilih Warna Netral dan Motif Klasik
Supaya tidak terlihat makin besar, hindari penggunaan kaus atau atasan warna terang seperti merah, ungu, hijau, kuning dan merah muda. Memakai busana berwarna gelap akan menyamarkan bagian tubuh yang besar.

Untuk menyempurnakan penampilan, gunakanlah kaus putih, jaket atau bahan sweater. Pilihlah busana dengan pola standar, seperti kotak-kotak kecil atau garis. Gunakan kaus berwarna gelap dan motif ringan jika ingin menambahkan outer seperti blazer.

Manfaatkan Jasa Penjahit
Setiap pria butuh penjahit andalan, terutama pria bertubuh gemuk. Biaya membuat satu pakaian mungkin lebih mahal, tapi hasil yang didapatkan akan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Anda juga bisa memilih bahan berkualitas yang lebih awet saat memesan pakaian secara khusus.

Jika ingin memesan celana lewat penjahit, pilihlah celana dengan model full break, dengan bagian ujung celana yang menumpuk atau sedikit lebih pendek. Untuk pemilihan jaket, gunakanlah potongan yang tajam pada bagian bahu dan ketika jaket dikancingkan, usahakan agar bagian perut tidak terlihat besar.

Perhatikan Pemilihan Bahan
Pilihlah busana berbahan ringan dan kuat. Pakaian berbahan tebal hanya akan membuat tubuh terlihat lebih besar. Namun, pakaian berbahan tipis juga akan menonjolkan bagian tubuh Anda. Untuk pemilihan outer seperti jas, mantel atau sweater, pilihah yang menggunakan bahan wol, kasmir dan sutra, serta hindari bahan poliester. Kain yang tebal dan murah bersifat panas dan menambah produksi keringat di tubuh.

Bahan katun adalah pilihan yang tepat untuk kemeja, kaus dan chinos. Pemakaian serat sintetis dapat menambah daya tahan dan keawetan serta menawarkan bentuk dan tahan kerutan.

Pilih Gaya yang Sederhana
Gaya sederhana adalah pilihan yang pas bagi pria bertubuh gemuk. Kuncinya, pilihlah setelan struktural, jaket dan blaser yang seimbang dari bagian bahu hingga bagian bawah tubuh, serta memberi bentuk. ketika memilih mantel, pilihlah yang dapat membingkai tubuh secara alami dan menyembunyikan bagian tubuh berlebih.

Cara ini juga harus diterapkan pada pemilihan celana. Jangan pernah memakai celana atletik. Hal ini justru membuat tubuh Anda terlihat gempal, kecuali jika Anda memang akan berolahraga. Pastikan juga busana yang Anda pakai selalu rapi dan tidak berkerut.

Jika ingin menghadiri acara casual, pilih celana chino. Cara sederhana lainnya adalah hindari menyimpan dompet atau apapun pada celana agar bagian bawah tubuh terlihat ramping. (kompas.com/Salimah)