5 Cara Berkendara Motor Agar Tak Dehidrasi Ketika Puasa

Avatar of PortalMadura.com
5-Cara-Berkendara-Motor-Agar-Tak-Dehidrasi-Ketika-Puasa
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Apalagi selama puasa, pola makan dan minum tentunya berubah dari biasanya karna harus menahan rasa haus dan lapar.

Akibatnya, seseorang yang dehidrasi bisa saja merasakan kepala pusing. Bagi yang lagi di rumah saja mungkin tidak menjadi persoalan, tapi bagi yang berkendara di luar tentu hal ini akan membayakan dirinya sendiri maupun juga pengendara lain karena tidak kuat menahan rasa sakit.

Jangan khawatir, ini dia tips agar tidak cepat dehidrasi saat puasa selama menggunakan motor, seperti dilansir Liputan6.com dari laman resmi Federal Oil:

Minum Air Sesuai Kebutuhan

Dokter Umum Rumah Sakit Usada Insani Tangerang, Dr Meirda Retna Kencana, menyarankan sebaiknya mengonsumsi cairan minimal dua liter saat puasa.

“Untuk pekerja berat atau melelahkan, seperti kurir atau Ojol, sebaiknya mengonsumsi air mineral 2 sampai 4 liter,” Saran Dr Meirda.

Untuk konsumsi air mineral tidak harus sekaligus, bisa dibagi waktunya, mulai dari bangun sahur, saat sahur, sebelum imsak, saat berbuka puasa, setelah salat Magrib, pasca salat tarawih dan satu jam sebelum tidur.

Kurangi Makanan Asin Saat Sahur

Saat makan sahur sebaiknya kurangi atau hindari makan-makanan yang asin. Karena garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

Jika terlalu banyak makanan asin yang masuk ke dalam tubuh, menyebabkan Anda akan cepat merasakan haus, padahal waktu masih pagi.

Makan Buah Yang Mengandung Air

Selain mengonsumsi banyak air mineral dan menghindari makanan asin, ada baiknya Anda juga makan buah yang mengandung banyak air, seperti Melon, Semangka dan jeruk.

Anda bisa makan buah saat berbuka, atau setelah makan sahur, selain mendapatkan vitamin dari buah, tubuh juga mendapatkan pasokan air yang cukup saat puasa.

Makan Sayuran Yang Mengandung Air

Cairan tidak hanya didapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20% kebutuhan cairan bisa Anda dapatkan dari makanan.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga Anda bisa kenyang sekaligus kebutuhan cairan Anda terpenuhi.

Berteduh di Tempat Yang Lembab

Jika pekerja lapangan sebagai kurir atau Ojol, carilah tempat istirahat yang teduh yang udaranya cukup lembap. Karena udara panas bisa mempermudah Anda dehidrasi, jadi kehausan tidak bisa terhindarkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.