5 Cara Bisnis Online dari Nol, Wajib Dicoba!

Avatar of PortalMadura.com
5-Cara-Bisnis-Online-dari-Nol,-Wajib-Dicoba!
Ilustrasi (duniakaryawan.com)

PortalMadura.Com – Di zaman teknologi digital yang semakin maju dan canggih ini, Anda bisa memulai bisnis kapan saja dan di mana saja. Salah satu yang sekarang lagi marak yaitu jualan online. Tidak harus menunggu memiliki banyak modal untuk mengawalinya, karena berjualan online bisa dimulai dari nol.

Hal ini pun sekarang bukan menjadi hal yang mustahil. Sudah banyak pengusaha yang sukses memulai bisnis online tanpa memiliki bekal yang banyak, alias dari nol. Jadi, jangan takut mencobanya dan tetap terus berusaha semaksimal mungkin.

Sebab, hampir semua bisnis yang banyak dijalani oleh seseorang, baik kecil maupun besar itu pasti memiliki tantangan. Makanya, jangan menyerah. Nah, biar semakin yakin memulai bisnis, Anda harus banget nih menyimak 5 tips memulai bisnis dari nol sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (2/8/2021) dari laman Idntimes.com:

Menentukan Barang atau Jasa Apa yang Akan Dijual

Tentunya untuk memulai bisnis dari nol, Anda harus tahu produk apa yang akan dijual, baik barang maupun jasa. Apabila Anda sudah mengetahui produk apa yang akan dijual, maka selanjutnya Anda harus memahami produk yang akan dijual tersebut.

Dikutip dari situs web Lifepal, Anda harus mengetahui detail produk yang akan Anda jual. Mulai dari produsennya (bagi reseller), bahan baku produk, kualitas, ketahanan produk, dan sebagainya. Pemahaman Anda ini akan memudahkan Anda menjual produk ke calon pembeli.

Riset Pasar

Riset pasar adalah kunci mendasar ketika Anda ingin memulai bisnis dari nol. Riset pasar maksudnya, Anda melakukan riset terhadap produk-produk yang dijual di pasar. Misalnya Anda mencari tahu produk apa saja yang laku di pasaran, atau kualitas seperti apa yang diinginkan pembeli, dan juga harga yang pantas.

Nah di era teknologi ini, Anda bisa dengan mudah melakukan riset pasar di platform-platform marketplace yang ada. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Shopee, dan sebagainya.

Misalnya Anda sudah mengetahui produk apa yang Anda jual, Anda bisa mencari produk sejenis di platform-platform tersebut, lalu mengetahui harga, varian, atau kualitas apa yang diminati konsumen. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui ekspedisi apa yang paling diminati konsumen ketika berbelanja online.

Cari Supplier Terpercaya

Apabila Anda ingin berjualan online sebagai reseller atas produk tertentu, maka Anda harus mencari supplier yang terpercaya. Jika Anda ingin menjual produk buatan sendiri, Anda juga harus mencari supplier bahan baku yang terpercaya.

Nah, Anda juga bisa mencari supplier di platform marketplace. Mencari supplier langsung ke tempat-tempat produsen juga bisa. Jika Anda punya misi memberdayakan produsen lokal, maka Anda bisa mengunjungi daerah-daerah perajin, kemudian menjual produk-produk buatan perajin lokal di toko online milik Anda.

Tetapkan Nama Brand atau Toko yang Menarik

Nah, selain beberapa hal di atas Anda juga harus menetapkan nama brand atas produk yang akan Anda jual, atau nama toko online-Anda yang menarik dan juga melekat di ingatan konsumen. Jangan sembarangan ya dalam memilih nama, karena nama juga menentukan citra bisnis itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membeli minuman soda, tentunya Anda akan terpikir produk Coca Cola atau Pepsi. Kedua brand itu memiliki nama yang sudah melekat di ingatan konsumen. Konsumen di seluruh dunia tentunya sudah percaya dengan brand Cola Cola dan Pepsi, karena nama brand-nya juga mencerminkan citra yang dijaga selama puluhan tahun.

Membuat Media Sosial, Situs Web, dan Lapak di e-commerce

Bukan bisnis online namanya apabila tidak memiliki akun media sosial, situs web, maupun lapak di e-commerce. Sebagai pebisnis online, Anda wajib memiliki ketiganya. Perlu diketahui, membuat media sosial, situs web, dan lapak di e-commerce sudah sangat mudah dengan kemajuan teknologi.

Selanjutnya, Anda harus rajin mengunggah produk yang Anda jual baik ke media sosial, situs web, maupun lapak e-commerce. Pastikan foto atau video yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik.

Untuk memperluas jangkauan produk, menambah konsumen, dan meningkatkan penjualan, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan di internet untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.