IPTEK  

5 Cara Cerdas Gunakan Aplikasi Kencan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Gunakan Aplikasi Kencan
Ilustrasi (AyoSemarang.com)

PortalMadura.Com – Selama pandemi masyarakat wajib melakukan social distancing alias jaga jarak, bahkan banyak yang mengurangi aktivitas di luar rumah. Sehingga hal ini menjadikan mengalami peningkatan pengunduhan.

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi kencan online harus sangat hati-hati. Karena aplikasi ini rentan dengan kasus penipuan. Seperti modus profil palsu dengan menggunakan foto orang lain, meminta uang dan lain sebagainya.

Apalagi saat ini empati masyarakat karena pandemi ini semakin bertambah. Hal ini juga menjadi salah satu cara penipu untuk memanfaatkan korbanya. Lantas bagaimana cara mencegahnya?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan di aplikasi kencan online. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Gunakan Aplikasi Kencan Terpercaya

Karena banyak situs yang berisikan penipuan di dalamnya. Anda bisa memilih situs yang besar dan bereputasi seperti Tinder, JDate, Christian Mingle, OkCupid, dan Match.com untuk melindungi informasi pribadi.

Jangan Terlalu Detail dalam Pemberian Informasi Pribadi

Seperti alamat rumah, nomor identitas, nama orangtua, dan nomer rekening. Setel pengaturan keamanan ke tingkat maksimum di semua akun media sosial dan jangan pernah mengizinkan aplikasi untuk mengunggah keberadaan Anda.

Harus Kepo

Karena penting untuk memverifikasi apa yang teman kencan Anda katakan
dengan memeriksa di mana lagi foto profil atau yang ia bagikan pada Anda diunggah.

Mungkin gambar profil kencan mereka sama dengan gambar profil Twitter mereka. Dari sini Anda bisa sedikit mengenal orang tersebut sebab kebanyakan orang cenderung kurang difilter di situs media sosial seperti Twitter.

Jika sudah mengarah ingin bertemu Anda harus bertindak cerdas. Jangan bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya di tempat yang terlalu mudah untuk didatangi, misalnya rumah atau tempat kerja.

Ajak untuk video call atau ketemuan langsung sehingga Anda bisa mengetahui apakah dia benar-benar serius atau tidak. Tapi jangan pernah mau diajak bertemu di ruangan yang isinya hanya kalian berdua. Usahakan lakukan pertemuan di ruang publik.

Gunakan Fitur Google Image Reverse

Untuk mengecek apakah foto yang digunakan asli atau palsu.

Jangan Ragu untuk ‘report' Seseorang di Situs Kencan Online

Jika bereputasi baik akan mendorong pengguna untuk melaporkan aktivitas apa pun yang tidak membuat nyaman. Situs-situs ini tidak mentolerir perilaku yang agresif atau ilegal.

Jika seseorang melecehkan atau memeras Anda, segera hubungi layanan pelanggan aplikasi kencan tersebut dan bila diperlukan laporkan pada pihak berwajib.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.