oleh

5 Cara Efektif Latih Si Kecil Belajar Jalan

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Proses bayi belajar berjalan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasanya, pembelajaran ini melibatkan serangkaian perkembangan, mulai dari belajar berdiri dengan berpegangan pada sofa untuk mengatur keseimbangan ketika si kecil menggerakkan kaki, hingga berdiri di tempat tidur.

Perkembangan setiap bayi memang berbeda-beda, umumnya bayi mulai belajar berjalan ketika usianya menginjak 8-18 bulan. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang bisa berjalan melebihi usia tersebut. Ada beberapa cara yang bisa membantu bayi berjalan, seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip dari Fit and Pregnancy. Apa saja?.

Baca Juga: Moms, Kenali 3 Ciri Bayi Anda Sudah Siap Berjalan

Berikut ini uraiannya:

Jelajahi Lantai

Sebelum membiarkan si kecil menjelajahi lantai, pastikan terlebih dahulu lantai tersebut tidak ada genangan air atau minyak yang bisa menyebabkan anak terpeleset. Orang tua pun bisa membiarkan bayi berjalan bebas di lantai walaupun harus melihatnya jatuh. Semakin sering si kecil berjalan, semakin baik kemampuannya berjalan.

Loading...

Berikan Umpan

Biasanya, seorang bayi selalu penasaran dengan benda-benda yang dilihatnya. Untuk itu, orang tua bisa meletakkan mainan yang menyenangkan sebagai umpan di sofa atau meja. Buat bayi berjalan sedikit dan tidak terlalu jauh.

Latihan Melompat

Melatih anak melompat juga bisa jadi salah satu cara untuk membangun kekuatan di kaki dan tubuh si kecil.

Berikan Pegangan

Orang tua bisa memberikan pegangan pada bayi untuk membantu si kecil menguji pijakan kakinya, seperti mainan kereta atau mobil dorong yang cukup besar. Pastikan juga bayi memegangnya sambil melatih keseimbangan.

Tak Pakai Sepatu

Ketika melatih bayi belajar berjalan di dalam ruangan, orang tua perlu membiarkan kakinya menyentuh tanah sehingga si kecil bisa merasakan tekstur lantai. Akan tetapi, saat berada di luar rumah, orang tua bisa memakaikan sepatu yang nyaman. Selamat mencoba, Bunda!


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar