oleh

5 Cara Hilangkan Noda Tinta di Baju Usai Nyoblos Pemilu

PortalMadura.Com – Menggunakan baju favorit ketika menyoblos pemilu, bisa menjadi malapetaka saat busana tersebut malah terkena tinta ungu yang dipakai sebagai tanda bukti mereka sudah ikut serta dalam Pemilu 2019.

Maka dari itu, ketimbang Anda kesal dan marah-marah tanpa solusi, coba mencari tahu cara menghilangkan noda tinta yang menempel di baju kesayangan Anda.

Berikut lima cara mudah menghilangkan noda tinta di baju usai nyoblos pemilu:

Alkohol dan Hair Dryer
Tuangkan alkohol ke kapas, lalu gosokan pada bagian yang kena tinta. Segera keringkan dengan hair dryer agar alkohol menguap bersama tinta.

Baking Soda
Baking soda dikenal sebagai bahan makanan yang juga bisa menjadi bahan pembersih berbagai hal. Selain membersihkan lantai hingga peralatan dapur, baking soda juga dapat menghilangkan tinta yang menempel di baju.

Caranya, campurkan 1/4 cangkir garam, 3/4 cangkir air, 2 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh tepung. Aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda, dengan cara menggosoknya menggunakan kain katun. Gosok hingga noda tinta hilang kemudian bilas baju dengan air.

Spons dan Hair Spray
Cara ini sebenarnya lebih efektif saat tinta baru menempel di baju. Segeralah tempelkan spons lembab atau lap hingga tidak ada lagi tinta yang berpindah. Kemudian keringkan pakaian tersebut dan semprotkan noda dengan hair spray. Tekan noda dari dua arah dengan menggunakan handuk. Tunggu hingga noda terangkat dan cuci pakaian yang terkena noda.

Baca Juga: Jok Mobil Anda Kulit Sintetis? Kenali Jenis Noda yang Sulit Dihilangkan Ini

Cuka
Untuk noda tinta yang sudah agak lama, tuangkan cuka putih ke bagian yang bernoda lalu campur dengan air dingin. Gosok-gosok menggunakan spons sampai nodanya hilang.

Pasta Gigi
Pasta gigi dapat menghilangkan noda membandel seperti tinta yang menempel pada baju. Caranya oleskan pasta gigi langsung pada bagian yang terkena noda dan gosok hingga noda hilang, lalu cuci pakaian seperti biasa.

Penggunaan pasta gigi dengan pemutih pada pakaian berwarna dapat membuat bahan menjadi putih, jadi gunakan pasta gigi untuk pakaian polos saja.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE