5 Cara Jaga Lisan Saat Marah Ala Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Jaga Lisan Saat Marah Ala Rasulullah
Seseorang saat sedang marah

PortalMadura.Com – Dalam hidup pasti sering terjadi perkataan yang tidak menyenangkan hati. Sehingga kadangkala banyak yang tersakiti akibat perkataan yang diucapkan baik dengan sengaja atau tidak disengaja. Dari hal itu biasanya akan timbul emosi atau kemarahan.

Oleh karena itu, jika tidak bisa berkata baik maka sebaiknya diam. Karena hal ini bisa berdampak ke hubungan silaturrahmi seseorang dengan orang lain. Selain itu, sebagai seorang muslim hendaklah memuliakan tetangga dan tamu.

Sebagaimana sabda Rasulullah: ”Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangga dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya”.(Bukhari no 6018, Muslim no. 47)

Nah, ini beberapa hal yang dilakukan Rasulullah SAW. dalam menjaga lisan di saat marah:

Membaca Ta’awudz
Rasulullah SAW. Bersabda: “Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’udzu billah minasy syaithaanir rajim.”( HR. Bukhari Muslim).

Berwudu
Rasulullah SAW. bersabda: “kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudulah.”( HR. Abu Daud).

Mengubah Posisi
Dalam hadis dikatakan: ”kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah.”(HR. Ahmad)

Diam
Dalam sebuah hadis dikatakan: “Ajarilah (orang islam), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.”(HR. Ahmad).

Bersujud
Artinya salat sunah minimal dua rakaat. Dalam sebuah hadis: “Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barang siapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).”(HR. tirmidzi).

Itulah tips yang diajarkan Rasululah SAW. Ketika sedang marah, semoga Anda termasuk orang yang bisa menjaga lisan ketika marah dan terhindar dari perbuatan yang di benci Allah. Pada intinya manusia memang tidak luput dari kesalahan tapi Anda sebagai manusia harus bisa bagaimana meminimalisir serta mencegah terjadinya kesalahan. (islampos.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.