5 Cara Luruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Luruskan Rambut Secara Alami Tanpa Catokan
Ilustrasi (seputarherbal)

PortalMadura.Com – Rambut lurus bagi sebagian orang menjadi dambaan. Mereka menganggap dengan memiliki rambut lurus akan mudah diatur dan perawatannya juga lebih gampang. Jadi, jenis rambut ini mempunyai keindahan tersendiri.

Tidak heran, untuk mendapatkan rambut tipe tersebut beberapa orang rela melakukan segala cara, bahkan yang bisa berisiko pada rambut, misalnya dengan cara dicatok.

Padahal, alat penata rambut seperti catokan memanfaatkan suhu tinggi untuk menjaga rambut tetap lurus dan teratur. Meskipun rambut Anda tampak lurus, pada akhirnya lambat laun akan mengalami kerusakan rambut.

Nah, Anda ingin rambut lurus tapi tidak harus merusaknya?. Anda tidak perlu khawatir, masih ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut secara alami.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (3/1/2020) dari laman Hellosehat.com:

Menggunakan Kondisioner Setelah Keramas

Cara paling sederhana untuk meluruskan rambut secara alami adalah menggunakan kondisioner. Perlu Anda ketahui, kondisioner mengandung minyak, humektan (zat pelembap), serta alkohol khusus yang menjaga kelembutan dan kelenturan rambut.

Beberapa kondisioner juga mengandung protein khusus yang dapat menyatukan ujung rambut yang patah serta membuat rambut tampak lebih tebal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, coba gunakan kondisioner setiap usai keramas secara rutin.

Mencampurkan Minyak Esensial dengan Produk Perawatan Rambut

Selain menggunakan kondisioner secara rutin, sebagian orang mengaku lebih mudah mengatur rambutnya setelah menggunakan minyak esensial. Cara ini memang belum dibuktikan secara ilmiah, tapi minyak esensial memang mengandung beragam bahan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Caranya mudah, coba campurkan beberapa tetes minyak serai, lavender, peppermint, tea tree, atau argan pada sampo atau kondisioner. Lalu, gunakan produk-produk tersebut seperti biasa. Cara ini mungkin membutuhkan proses, tapi cukup ampuh untuk meluruskan rambut secara alami.

Mengeringkan Rambut dengan Cara yang Tepat

Pada kenyataannya, tidak semua orang mengetahui cara mengeringkan rambut yang baik dan benar. Banyak di antara mereka menganggap, asalkan rambut itu kering berarti sudah selesai. Padahal, tidak sampai di situ saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila cara mengeringkan rambut Anda keliru bisa menyebabkan ujung rambut patah, bahkan merusak rambut. Setelah keramas, keringkan rambut Anda dengan diangin-anginkan. Begitu rambut hampir kering, pisahkan helai rambut Anda menjadi beberapa bagian.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Rusak Rambut

Lalu, keringkan setiap bagian rambut menggunakan hairdryer, tapi jangan gunakan mode hot blow. Gunakan mode cool blow untuk mengeringkan rambut dari akar hingga ke ujung. Melansir penelitian dalam jurnal Annals of Dermatology, cara ini terbukti meminimalisasi kerusakan pada rambut.

Menggunakan Masker Telur dan Minyak Zaitun

Menggunakan masker dari kedua bahan ini dinilai sebagai cara yang ampuh untuk meluruskan rambut secara alami. Hal ini disebabkan karena telur dan minyak zaitun dapat mengembalikan protein pada rambut sehingga rambut menjadi lebih rileks dan mudah diatur.

Cara pengaplikasiannya yaitu, siapkan 2 butir telur dan 3 sendok makan minyak zaitun, lalu kocok keduanya hingga rata. Oleskan pada rambut dan biarkan sebentar. Setelah 1 jam, bilas rambut Anda menggunakan sampo. Gunakan masker ini setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menggunakan Masker Susu dan Madu

Susu dan madu tidak hanya menyehatkan bagi pencernaan, tapi juga rambut Anda. Protein pada susu akan memberikan nutrisi bagi rambut, sementara madu adalah zat emolien alami yang mengunci kelembapan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

secara alami menggunakan masker tidaklah sulit. Campurkan 60 ml susu dan 2 sendok makan madu. Oleskan pada rambut, biarkan selama 2 jam, lalu bilas rambut Anda. Gunakan masker ini setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Beragam cara di atas mungkin memberikan hasil yang bervariasi pada setiap orang. Anda pun harus rutin menjalaninya agar rambut mengalami perubahan. Cepat ataupun lambat, rambut lurus dan teratur bukan lagi sekadar impian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.