5 Cara Manjur Tangkal Penyakit Hasad

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Manjur Tangkal Penyakit Hasad
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hasad merupakan salah satu penyakit hati yang harus segera diatasi mengingat bahaya yang ditimbulkannya teramat besar. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak terjerumus dalam penyakit hati ini.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut ini lima penawar penyakit hasad:

1. Pertebal iman dan rasa yakin pada takdir Allah, tentu saja dengan terus menambah ilmu

2. Mengingat akibat hasad yang berdampak di dunia maupun di akhirat

3. Selalu bersyukur dengan yang sedikit
Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak,” (HR. Ahmad, 4/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 667).

4. Selalu memandang orang yang di bawahnya dalam masalah dunia
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian melihat orang lain diberi kelebihan harta dan fisik atau kenikmatan dunia lainnya, maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya,” (HR. Bukhari no. 6490 dan Muslim no. 2963).

Dalam hadis lain disebutkan: “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu,” (HR. Muslim no. 2963).

5. Banyak mendoakan orang lain yang mendapatkan nikmat dalam kebaikan karena jika Anda mendoakannya, Anda akan dapat yang semisalnya.
Rasulullah bersabda: “Doa seorang muslim kepada saudaranya ketika saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisinya ada malaikat (yang bertugas mengaminkan doanya kepada saudaranya). Ketika dia berdoa kebaikan kepada saudaranya, malaikat tersebut berkata : Amin, engkau akan mendapatkan yang semisal dengannya,” (HR. Muslim no. 2733). Wallahu A’lam. (islampos.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.