oleh

5 Cara Merawat Gigi Bayi agar Tetap Sehat

PortalMadura.Com – Salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dirawat adalah gigi. Menjaga kesehatan gigi penting dimulai sedini mungkin. Anda bisa mulai merawat gigi si kecil ketika mereka masih bayi. Merawat gigi sejak bayi akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulutnya hingga dewasa.

Kewajiban orang tua untuk mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi sejak dini. Ketika baru muncul gigi, sudah seharusnya orang tua melakukan perawatan untuk menjaga gigi bayi tetap sehat. Jangan salah, bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai tumbuh gigi, sejak saat itu juga orang tua harus rajin membersihkan gigi si kecil.

Saat gigi belum muncul, Anda cukup membersihkan gusi bayi dengan cara mengusapnya secara lembut menggunakan kasa atau kain bersih yang dicelupkan ke air hangat. Namun setelah gigi muncul, Anda bisa mencoba menggunakan sikat gigi khusus bayi.

Tentunya Anda harus perhatikan peralatan yang digunakan untuk membersihkan gigi si kecil. Melansir dari PortalMadura.Com dikutip oleh fimela.com, berikut ini beberapa cara untuk merawat gigi si kecil agar tetap sehat.

Rawat Gigi saat Sudah Tumbuh
Saat bayi sudah mulai tumbuh gigi ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan giginya. Meskipun gigi susu si kecil akan berganti dengan gigi permanen tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan gigi. Gunakan kain lembut yang bersih, lalu basahi kain dengan air, dan usapkan pada gigi si kecil.

Ajarkan Menggosok Gigi
Ketika anak memasuki usia 2 tahun keatas, ada baiknya orang tua melatih si kecil untuk menggosok gigi. Usia balita memang masih menjadi tanggung jawab orang tua untuk menjaga kebersihan gigi si kecil. Ajarkan menggosok gigi saat Anda memandikan si kecil.

Biasakan untuk Menggosok Gigi
Biasakan si kecil untuk menggosok gigi secara rutin. Ajarkan menggosok gigi saat pagi hari, saat mandi sore, dan menggosok gigi sebelum tidur. Ketika rutinitas ini dibiasakan sejak dini, maka akan menjadi rutinitas yang akan dijalankan anak setiap hari. Berikan sikat gigi dengan bentuk-bentuk yang menarik serta pilihkan pasta gigi yang terdiri dari banyak varian rasa supaya anak lebih tertarik.

Berikan Makanan yang Sehat
Saat usia anak-anak memang masih memerlukan asupan gizi yang cukup untuk tubuhnya. Rusaknya gigi disebabkan oleh makanan dan minuman yang di konsumsi si kecil yang mengandung gula dan asan berlebihan. Usahakan untuk memberikan makanan sehat seperti keju, susu, sayur, dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung gula tambahan yang berlebih.

Periksakan Gigi si Kecil Secara Rutin
Sangat dianjurkan untuk melakukan pemerikasaan gigi untuk si kecil setiap 6 bulan sekali. Mungkin dokter akan memberikan saran untuk menyabut gigi susu si kecil ketika ia tumbuh gigi permanen.

Baca Juga: Bupati Pamekasan Tegaskan Dakwah Bahaya Narkoba Tugas Semua Elemen Masyarakat

Tetap jaga kesehatan gigi si kecil ya. Ajarkan untuk merawat gigi sejak dini kepada si kecil. Berikan si kecil pengertian tentang pentingnya merawat gigi.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE