5 Cara Mudah Buat Masker Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Buat Masker Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang dijadikan bumbu dapur untuk berbagai macam masakan di rumah. Buah ini memiliki banyak manfaat yang tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga bagi kecantikan.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam tomat mampu mencerahkan kulit, mengatasi wajah berjerawat, menjaga pori-pori wajah dan sebagainya. Di balik kandungan tersebut, tahukah Anda, bahwa tomat bisa dijadikan untuk .

Adapun cara membuat masker tomat untuk kecantikan bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Anda hanya perlu menyediakan waktu beberapa menit saja untuk membuatnya.

Berikut lima cara membuat masker tomat, dilansir PortalMadura.Com, Selasa (3/3/2020), dari laman Liputan6.com:

Masker Tomat Sederhana

Cara membuat masker tomat sederhana, terlebih dahulu siapkan 1 buah tomat. Lalu cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian. Selanjutnya, oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selamat sekitar 15 menit.

Setelah itu, bilas dengan air bersih supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Masker ini bisa Anda gunakan rutin setiap malam sebelum tidur.

Masker Tomat Halus

Cara membuat masker tomat selanjutnya masih dengan menggunakan 1 bahan saja. Bedanya sekarang, Anda bisa menyiapkan 2 buah tomat segar dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

Cara membuatnya, terlebih dahulu Anda haluskan hingga lembut ke 2 tomat setelah dicuci bersih. Lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah itu, diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Masker Tomat dan Madu

Madu merupakan bahan alami yang juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit. Maka dari itu, mengombinasikan dua bahan alami yang baik untuk kulit wajah ini akan menimbulkan hasil yang baik pula.

Anda bisa mencampurkan 1 buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu. Cara membuatnya, haluskan tomat yang telah dicuci, kemudian campurkan tomat dengan madu dan aduk hingga rata. Lalu oleskan pada wajah Anda, dan tunggu sekitar 20 menit. Jangan lupa, bilas dengan air hingga bersih.

Selain itu, campuran tomat dan madu juga bisa dikombinasikan dengan mentimun. Caranya, Anda hanya mempersiapkan 1 buah tomat segar, 100 gram mentimun, serta 3 sendok makan madu.

Selanjutnya, potong tomat jadi dua bagian dan haluskan. Kemudian, haluskan mentimun dengan cara diparut, lalu satukan kedua bahan dan tambahkan madu.

Baru aplikasikan masker pada wajah dengan menggunakan kapas, dan diamkan hingga mengering selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan menggunakan air dingin.

Dengan masker tomat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah. Buah ini juga dapat membuat wajah bebas dari kelebihan minyak serta mencegah munculnya jerawat.

Masker Tomat dan Lemon

Cara membuat masker tomat selanjutnya, Anda bisa mengombinasikannya dengan lemon. Caranya, Anda cukup menyediakan 1 buah tomat dan ½ buah lemon.

Kemudian, haluskan tomat dan tambahkan sari jeruk lemon. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Masker ini bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah bersinar dan lebih halus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan perawatan ini secara rutin supaya wajah Anda tetap sehat sepanjang hari.

Baca Juga : Kenali 4 Tanda Kulit Anda Alergi pada Produk Kecantikan

Masker Tomat dan Minyak Zaitun

Selanjutnya, kombinasikan masker tomat dengan minyak zaitun. Manfaat masker ini mampu menghilangkan bekas jerawat di wajah dan melembapkan kulit. Bahan alami yang satu ini memang sering digunakan untuk perawatan kecantikan.

Cara mengombinasikannya, Anda cukup menyediakan 1 buah tomat dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, hancurkan tomat dengan menggunakan blender, kemudian tambahkan minyak zaitun, aduk hingga merata. Lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, akhiri dengan mengompres menggunakan es batu.

Beberapa manfaat masker tomat di atas baik untuk Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba masker tersebut, supaya wajah tetap terlihat cantik dan sehat sepanjang hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.