5 Cara Mudah Hilangkan Blackheads di Wajah Anda

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Hilangkan Blackheads di Wajah Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda memiliki masalah kulit berminyak ? Tentu sudah tidak asing lagi dengan blackheads bukan ? Blackheads merupakan salah jenis komedo yang dapat menimbulkan titik-titik hitam di wajah. Titik-titik hitam tersebut terjadi karena minyak serta kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah terpapar dengan bakteri yang berada di udara.

Bila Anda mengalami masalah kulit seperti ini jangan dibiarkan, tapi harus segera diatasi. Sebab, pori-pori yang kotor jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya, salah satunya yaitu berkurangnya elastisitas kulit. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan blackheads di area wajah, seperti hidung, dagu, dan dahi.

Mencuci Wajah Setidaknya Dua Kali Sehari
Mungkin kedengarannya klise, tetapi mencuci wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari dapat membantu mencegah blackheads akibat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori Anda.

Cucilah wajah Anda di pagi hari untuk menghilangkan bakteri dari sarung bantal yang mungkin telah menempel pada kulit. Kemudian, pada malam hari sebelum tidur pastikan bahwa Anda mencuci wajah untuk menyingkirkan makeup dan kotoran yang melapisi kulit sepanjang hari. Gunakan pembersih wajah yang lembut seperti COSRX Low pH Good Morning Cleanser atau Senka Perfect Whip agar tidak mengiritasi kulit Anda.

Bersihkan Pori-Pori Kotor dengan Pore Strip
Jika menginginkan solusi untuk menghilangkan blackheads secara instan, Anda bisa menggunakan pore strip. Pore strip dapat membantu menghilangkan blackheads dengan cara mengeluarkan kotoran dan minyak yang tersumbat pada pori-pori kulit wajah. Hanya saja, perlu diingat bahwa metode ini tidak berarti dapat langsung menghilangkan blackheads selamanya dari kulit Anda.

Perlu diketahui, pore strip hanya akan mengangkat kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit saja, atau blackheads yang baru muncul di pori-pori dalam jangka waktu yang singkat. Bila Anda ingin menghilangkan blackheads secara permanen, penggunaan pore strip tentunya harus dibarengi dengan perawatan kulit yang tepat pula.

Baca Juga : Kepincut Janda, Dua Kali Oknum Dinas Koperasi Sumenep Diciduk Petugas di Kamar Kos Selingkuhannya

Rutin Melakukan Eksfoliasi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati
Selain kotoran dan minyak, sel kulit mati adalah salah satu hal yang juga dapat menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan eksfoliasi secara rutin dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang berkontribusi pada pembentukan blackheads di kulit. Jika memiliki jenis kulit sangat berminyak yang rentan terhadap blackheads, Anda dapat meningkatkannya hingga tiga kali seminggu.

Fokuskan eksfoliasi pada daerah yang rentan terkena blackheads, yaitu hidung, dagu, serta dahi. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembap setelah Anda melakukan eksfoliasi. Jika Anda membiarkan kulit tetap kering, produksi minyak Anda akan semakin bertambah, menciptakan lebih banyak minyak, dan lebih banyak blackheads.

Cobalah Mikrodermabrasi
Perawatan kulit di klinik kecantikan tentunya juga bisa membantu mengatasi blackheads yang biasanya bersarang di hidung, dagu, dan dahi. Jika Anda sudah familiar dengan perawatan facial, microdermabrasion atau mikrodermabrasi juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan blackheads yang membandel di kulit Anda. Tidak perlu khawatir, perawatan kulit mikrodermabrasi dikenal tanpa rasa sakit layaknya facial, tetapi bisa dengan efektif mengangkat sel kulit mati di lapisan permukaan serta merangsang produksi kolagen agar kulit semakin sehat.

Hindari Bahan-Bahan yang Dapat Menyumbat Pori-Pori
Selain rutin melakukan perawatan kulit, Anda juga perlu menghindari beberapa bahan tertentu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Dimethicone adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer, dan foundation yang digunakan untuk mengisi tekstur yang tidak rata dan garis-garis halus.

Meskipun bahan tersebut tergolong aman untuk perawatan kulit, penggunaan dimethicone secara berlebihan sebenarnya telah terbukti dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat serta komedo. Coconut oil atau shea butter juga bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori sehingga perlu Anda hindari. Jika kulit Anda tergolong acne-prone atau berminyak, hindari produk berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan terbentuknya lebih banyak komedo.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan blackheads pada wajah Anda. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.