5 Cara Mudah Hilangkan Kutil di Wajah

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Hilangkan Kutil di Wajah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tumbuhnya tentu akan mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam berpenampilan. Jenis kutil yang biasa tumbuh di wajah ini, yaitu kutil filiform dan kutil datar. Pertumbuhan kulit yang tidak normal ini disebabkan oleh virus HPV (human papilomavirus).

Walaupun kutil di wajah bukan sesuatu hal yang bisa berbahaya, tapi tidak ada salahnya Anda membersihkan kutil tersebut. Biasanya, penggunaan obat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan kutil. Namun, Anda masih bisa menggunakan trik-trik alami sebagai solusinya. Hebatnya lagi, Anda bisa temukan bahan-bahan ini di rumah dan bisa dilakukan sendiri.

Bagaimana caranya?. Yuk ikuti langkah-langkahnya agar kutil di wajah Anda cepat hilang:

Betadine
Mungkin Anda sudah akrab dengan obat yang satu ini. Antiseptik ini bisa digunakan untuk membantu melawan virus pada kutil sehingga kutil dapat disembuhkan. Cara menggunakan, oleskan betadine pada kutil dan diamkan selama lima menit. Gunakan dua kali sehari sampai kutil sembuh. Namun, hindari penggunaan betadine jika Anda alergi terhadap senyawa betadine dan yodium. Waspadai juga jika kulit sedang mengalami iritasi.

Cuka Sari Apel
Asam yang terkandung pada cuka sari apel bersifat antivirus kutil. Kutil pun akan terkelupas. Yang lebih penting, cuka sari apel ini aman untuk digunakan di wajah, bahkan bersifat menghaluskan kulit wajah karena mengandung asam malat dan asam laktat. Sebelum digunakan, cairkan dahulu cuka sari apel dengan perbandingan air dan cuka 1:1. Setelah itu, celupkan bola kapas, lalu tempelkan pada kutil. Tutup dengan perban dan diamkan selama 24 jam.

Pisang
Pisang mengandung enzim proteolitik. Enzim ini bekerja memecah protein sehingga dapat dimanfaatkan untuk melemahkan dan menghilangkan kutil di wajah. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Perasan Lemon
Minuman segar yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan kutil di wajah. Perasan lemon mengandung asam sitrat yang mengandung vitamin C. Asam sitrat inilah yang membantu melunakkan kutil agar kutil cepat hilang dan diduga membunuh virus penyebab kutil. Caranya mudah, Anda cukup mengoleskan perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar lenyap dari wajah Anda.

Bawang Putih
Zat allicin pada bawang putih bersifat antivirus juga sehingga dapat melawan semua virus, termasuk HPV dan penyebab kutil di wajah. Karena itu, bawang putih dapat menyebabkan kutil melepuh dan kemudian hilang dalam waktu satu minggu. Dalam hal ini, gunakan bawang putih sebagai masker wajah. Hancurkan bawang putih dan tempelkan pada kutil. Gunakan perekat dan diamkan selama 24 jam.

Kutil di wajah tidak perlu dirisaukan selama Anda mengetahui cara membasminya. Meski demikian, tidak semua orang akan cocok dengan cara-cara penanganan alami karena kondisi kulit yang berbeda-beda. Konsultasikan kepada dokter apabila kutil tidak kunjung sembuh dalam waktu lama walau sudah diobati. Dikhawatirkan ada kelainan atau Anda harus menjalani perawatan khusus sehubungan dengan kutil tersebut. (alodokter.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.