‘Antartika Terbuka Bagi Semua Negara untuk Studi Ilmiah’

Avatar of PortalMadura.Com
Antartika terbuka bagi semua negara untuk studi ilmiah'
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Semua anggota Perjanjian memiliki hak untuk melakukan studi ilmiah di Antartika, seorang akademisi Belarusia mengatakan pada Rabu.

“Masalah Antartika, di mana tidak ada satu Negara pun yang memiliki hak kepemilikan, bukanlah masalah politik melainkan ilmiah,” Alexei Gaidashov, wakil kepala Pusat Nasional untuk Penelitian Kutub di National Academy of Sciences Belarus, mengatakan kepada Anadolu Agency .

Tempat terdingin di bumi itu tidak dimiliki oleh Negara manapun dan tidak memiliki penduduk permanen.

Benua ini telah berfungsi sebagai zona penelitian ilmiah sejak Perjanjian Antartika ditandatangani oleh 12 Negara pada 1959.

Banyak Negara lain bergabung dengan perjanjian itu di tahun-tahun berikutnya.

Menyoroti pentingnya studi ilmiah di Antartika, Gaidashov mengatakan “tidak ada uang, emas, politik dan agama di sana. Semua orang sama, tidak ada batasan.” dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018).

Penelitian di benua itu akan berkontribusi pada pengembangan bioteknologi, pencemaran lingkungan dan pengembangan ekonomi, tambahnya.

Seorang mantan menteri ilmu pengetahuan Turki mengatakan Negaranya akan mendirikan pangkalan ilmiah di Antartika pada 2019.

Belarus bergabung dalam perjanjian itu pada 2006 dan sejak itu, Negara Eropa Timur itu telah melakukan 11 perjalanan ke Antartika, kata Gaidashov.

Kedua Negara juga menandatangani perjanjian kerja sama di Antartika dan akan merencanakan perjalanan bersama ke benua itu segera, tambahnya.

Pusat penelitian kutub pertama Turki oleh Universitas Teknologi Istanbul didirikan di Antartika pada 2015. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.