oleh

5 Cara Mudah Melatih Bayi Merangkak

PortalMadura.Com – Merangkak merupakan salah satu tahapan sebelum anak belajar berjalan. Setiap anak bisa saja memiliki usia yang berbeda-beda ketika mulai merangkak. Hal inilah yang membuat sebagian besar ibu merasa cemas. Usia rata-rata kebanyakan bayi mulai merangkak adalah sembilan bulan, sementara beberapa bayi lainnya bisa merangkak lebih cepat seperti saat ia menginjak umur tujuh bulan.

Ada beberapa cara untuk melatih bayi cepat merangkak. Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (13/11/2020) berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong agar bayi bisa merangkak.

Latih untuk Tengkurap

Barikan banyak waktu tengkurap untuk bayi, mulai dari lahir. Biarkan anak tengkurap dan bermain dengan posisi tersebut. Bayi mengembangkan kekuatan otot di bahu, lengan, punggung, dan batang tubuh yang membantunya belajar merangkak.

Meraih Mainan

Dorong bayi untuk meraih mainan yang dia minati. Letakkan mainan yang menarik di dekat Anda. Lihat apakah bayi bisa bergerak ke arah benda-benda ini.

Berikan Ruang

Pastikan bayi memiliki ruang untuk menjelajah yang aman dan diawasi. Sekarang adalah waktu untuk mulai mengasuh anak di rumah. Lihat potensi bahaya yang mungkin ada pada level bayi Anda.

Posisi Tangan Orang Tua

Tempatkan telapak tangan Anda di belakang kaki anak saat dia merangkak. Hal ini akan menstabilkan anak dan memberinya sesuatu untuk “didorong” sejak anak baru belajar merangkak.

Kurangi Menggunakan Baby Walker

Baby walker diklaim dapat membantu bayi cepat berjalan. Namun penelitian menunjukkan bahwa penggunaan baby walker membuat bayi jadi malas merangkak.

Rewrite : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com

Komentar