5 Cara Mudah Pilih Sereal Sarapan yang Sehat

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Pilih Sereal Sarapan yang Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sereal bisa menjadi pilihan menu sarapan yang praktis bagi orang yang setiap harinya super sibuk. Sebab, hanya dengan menuangkan susu dan sereal favorit, makanan ini bisa langsung siap disantap dalam waktu singkat.

Kendatipun praktis, tidak semua sereal sarapan itu sehat. Kebanyakan, sereal sarapan mengandung tinggi gula dan kalori yang malah bisa membuat Anda gemuk dan cepat lapar sebelum waktu makan siang tiba.

Namun Anda jangan bingung, Anda masih bisa menikmati sereal tanpa harus khawatir terhadap kesehatan Anda. Ada beberapa cara untuk memilih sereal sarapan yang sehat untuk mengawali pagi Anda.

Berikut ini lima :

Baca Nilai Gizi di Kemasan
Saat membeli sereal, pastikan membaca terlebih dahulu informasi nilai gizinya. Hal ini menjadi penting untuk memperkirakan berapa jumlah kalori yang Anda makan untuk sekali makan.

Ahli diet dari WellStar Comprehensive Bariatric Program di Atlanta, Kristen Smith, RD, mengatakan sereal sarapan yang baik seharusnya mengandung 200 kalori per sajian. Selalu gunakan gelas atau takaran untuk menjaga kandungan kalori yang dikonsumsi. Selain itu, baca label gizi juga memungkinkan untuk tahu nutrisi yang ada di dalam sereal sarapan tersebut.

Terbuat dari Gandum Utuh
Beberapa sereal sarapan ada yang tidak mengandung gandum utuh. Ada yang sudah dicampur dengan tepung terigu atau beras. Pilihlah sereal yang terbuat dari 100 persen biji-bijian utuh memang sangat penting.

Gandum utuh sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kaya akan serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang dapat membantu mengontrol berat badan, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, serta menurunkan kolesterol. Serat dari gandum utuh bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama.

Namun, tetap hati-hati ya, terlepas dari apakah sereal tersebut gandum utuh atau tidak. Anda harus perhatikan juga seberapa banyak gula yang terkandung di dalamnya. Biasanya, semakin banyak kandungan gula dalam sereal, semakin sedikit kandungan seratnya. Karena itu, pilihlah sereal yang mengandung serat sebanyak tujuh gram atau lebih agar kandungan gulanya tidak berlebih. Semakin tinggi kandungan seratnya, maka semakin lama pula rasa kenyangnya.

Baca Juga: Hati-hati, Menu Sehat Ini Justru Tidak Baik Bagi Tubuh

Pilih Sereal Rendah Gula
Meski pada kemasan sereal tertulis ‘rendah gula', kenyataannya tidak selalu seperti itu. Bisa saja sereal tersebut benar minim gula pasir, tapi mengandung gula tersembunyi sehingga tidak terperhatikan. Hindari produk sereal mengandung 10 gram gula atau sekitar tiga sendok teh gula per satu porsinya. Memulai pagi dengan menu sarapan tinggi gula dapat membuat gula darah melonjak dan kemudian turun dengan cepat. Inilah yang menyebabkan Anda menjadi cepat lapar.

Tidak sampai di situ. Membiasakan makan-makanan manis dan tinggi karbohidrat bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker di masa mendatang.

Perhatikan Kandungan Lemak Jenuh
Saat memilih sereal sarapan yang sehat, perhatikan juga kandungan lemak jenuhnya. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol yang dapat menyumbang risiko penyakit jantung. Pilih sereal yang rendah lemak jenuh atau lemak trans, tidak lebih dari dua gram. Informasi ini dapat ditemukan pada label gizi yang tercantum pada kemasan sereal. Jangan sampai terlewatkan!

Kaya akan Vitamin dan Mineral
Tidak semua sereal mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Kebanyakan sudah mengalami proses olahan yang begitu panjang sehingga menghilangkan nutrisi alaminya. Maka dari itu, lebih jelilah saat membeli sereal, cek kemasan dan cari tahu label ‘fortifikasi'. Artinya sereal tersebut telah sengaja ditambah oleh sejumlah vitamin dan mineral tertentu.

Berapa jumlah yang ditambahkan dalam setiap produk bisa berbeda-beda. Sebaiknya, Anda pilih sereal sarapan yang sudah diperkaya tambahan kalsium, vitamin D, asam folat, dan vitamin C untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.