5 Cara Puasa Tetap Lancar Ketika Traveling

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Puasa Tetap Lancar Ketika Traveling
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan bukan penghalang bagi umat muslin yang suka . Meskipun berpuasa, mereka masih bisa melakukan perjalanan ke berbagai destinasi menarik yang disukai. Tanpa perlu khawatir hal itu bisa menghambat ibadah puasa selama Ramadan.

Banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika traveling di bulan Ramadan:

Membawa Persedian Makanan untuk Berbuka
Ada baiknya Anda selalu membawa menu berbuka puasa praktis di dalam ransel pada saat berpergian di bulan Ramadan. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda terjebak dalam situasi di mana tidak bisa menemukan makanan atau minuman ketika waktu berbuka sudah mendekat.

Cukup siapkan sebotol kecil air minum, kurma dan satu bungkus biskuit untuk membantu menunda rasa lapar sampai Anda benar-benar tiba di tempat tujuan ataupun menemukan tempat makan.

Salat
Apabila Anda berpergian dengan jarak tempuh yang sangat jauh atau tidak memungkinkan untuk menemukan tempat salat, maka Anda bisa mempersingkat dengan Jama' dan Qashar. Anda bisa menggabungkan salat Zuhur dengan Asar atau salat Magrib dengan Isya. Serta meringkas jumlah rakaat pada salat Zuhur, Ashar dan Isya menjadi dua rakaat.

Pilih Trasnportasi yang tepat
Ketika hendak melakukan perjalanan keluar negeri yang membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, maka sangat disarankan untuk memilih jadwal penerbangan setelah berbuka puasa atau sebelum datangnya waktu fajar. Hal ini bertujuan agar puasa Anda lancar tanpa gangguan.

Survei Lokasi
Jika berniat untuk menetap selama beberapa hari disebuah kota atau negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, ada baiknya untuk meninjau lokasi masjid yang lebih dekat dengan tempat Anda akan bermalam, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan melewatkan salat Tarawih berjemaah.

Membawa Alquran
Selama perjalanan, seringkali Anda akan kehabisan ide untuk mengisi waktu kosong. Maka tidak ada salahnya membawa dan membaca alquran kecil atau memasang aplikasi alquran digital pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengisi waktu dengan membaca zikir sesuai dengan tuntunan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.