4 Rutinitas Penting yang Perlu Dilakukan Orang Super Sibuk Saat Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
4 Rutinitas Penting yang Perlu Dilakukan Orang Super Sibuk Saat Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat Ramadan tiba, aktivitas sebagian orang rasanya semakin banyak. Tidak sedikit seseorang yang kemudian memanfaatkan momen bulan suci tersebut dengan menjual berbagai menu buka puasa ataupun bahan-bahan menjelang lebaran.

Aktivitas super sibuk tersebut tentu akan memakan banyak tenaga dan waktu sehingga membuat seseorang merasa khawatir akan ibadahnya. Takut tidak bisa tarawih berjamaah, khawatit tidak bisa menjalankan ibadah sunah atau yang lainnya.

Nah, agar ibadah bisa dilakukan di mana saja dan dalam kondisi apa saja. Cobalah memasukkan empat rutinitas ini sepanjang bulan suci untuk menjadikan Ramadan tetap terbaik untuk Anda:

Perbanyak Istighfar
Rajinlah istighfar dengan membaca astaghfirullah, setiap Anda melakukan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari mengemudi ke kantor, lembur sampai larut malam, dan saat berbuka puasa. Allah akan memberi jalan keluar dari setiap kesusahan yang dialami hamba-Nya yang suka memohon pengampunan. Allah juga akan memberikannya rezeki dari pintu yang tidak hamba-Nya duga.

Salat Tepat Waktu
Pastikan Anda salat fardu tepat waktu. Ambil lima menit dari jadwal sibuk Anda lima kali sehari untuk menunaikan kewajiban Anda terhadap Allah SWT. Abdullah Ibnu Masud RA berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah, Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdal?. Beliau menjawab, salat tepat pada waktunya.

Proyek Sosial Ramadan
Setiap kantor biasanya mempunyai agenda sosial khusus Ramadan. Anda bisa melibatkan diri dalam kegiatan ini sembari bekerja. Anda juga bisa menyusun agenda untuk agenda Ramadan yang terjadwal, misalnya satu setengah jam per pekan halaqa di masjid, sekali sepekan buka puasa dengan tetangga, atau mengunjungi orang tua yang sedang sakit. Sekecil apapun agenda sosial Ramadan itu pasti berarti.

Jangan Tidur Setelah Sahur
Setelah sahur, Anda mungkin berpikir waktunya tidur kembali. Meski matahari belum muncul, Anda bisa menggunakan energi pagi untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor yang sulit sebelum semua menumpuk dan berlarut-larut. Gunakan energi fajar untuk mengganti jam bekerja yang mungkin Anda gunakan untuk tidur siang. (republika.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.