5 Cara Rawat Celana Jins Agar Tetap Awet

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Rawat Celana Jins Agar Tetap Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda pasti punya dirumah bukan? Ya, setiap orang dapat dipastikan memiliki celana yang menjadi idola sepanjang masa ini, setidaknya satu atau jins. Tak jarang mereka jadikan celana jins sebagai andalan untuk dikenakan diberbagai kesempatan. Sebab jins dapat dipadukan dengan berbagai jenis busana dari kasual hingga dijadikan formalpun juga bisa.

Nah, karena seringnya dikenakan, jins terkadang cepat belel atau mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Mengapa bisa terjadi ? Salah satunya bisa karena kurangnya pengetahuan soal perawatan jins. Namun, Anda tak perlu bingung lagi. Berikut cara yang bisa Anda coba untuk merawat jins kesayangan Anda. Penasaran? Yuk simak tahapannya.

Melenturkan Jins (Break in)
Agar bisa dicuci, Anda harus memastikan jins sudah melalui tahap break in, atau proses dimana tekstur denim lebih lentur karena digunakan lebih sering.

Namun, hal ini bergantung pada gaya hidup masing-masing orang. Jins yang dipakai orang yang aktif tentunya akan menjadi beda dengan jins milik orang yang sehari-hari hanya duduk di balik meja.

Agar lebih aman, tunggu hingga enam bulan. Setelah itu, warna dan tekstur jins akan berada dalam keadaan sempurna untuk pencucian pertama.

Cara Penyimpanan Denim
Hindari menyimpan jins dengan cara dilipat. Melipat jins, atau lebih buruk lagi sekadar melemparnya ke sudut ruangan, akan membuatnya kusut di bagian-bagian yang tidak seharusnya.

Gantunglah jins di bagian lingkar ikat pinggang sehingga bentuk jins akan cenderung lebih awet. Jins juga akan menjadi lebih keren jika diangin-anginkan setelah dipakai.

Mencuci Denim
Jangan terlalu terburu-buru mencuci denim. Tapi, jangan khawatir pula untuk mencucinya ketika sudah dibutuhkan.

Tidak peduli seberapa bagus tampilannya, cucilah jins bila mulai berbau ya. Sebab, tak akan ada orang yang kagum dengan penampila Anda jika jins Anda berbau tak sedap.

Cucilah bagian luar dan dalam jins kemudian rendamlah di air dingin menggunakan deterjen, terpisah dari pakaian lain.

Cara ini sangat tepat untuk mempertahankan warna jins dan menghindari kerutan yang tidak diinginkan.

Bila Anda masih khawatir dengan warnanya, lakukan lah cuci kering alias dry clean.

Mengeringkan Denim
Cukup keringkan denim dengan diangin-anginkan. Jangan keringkan jins dengan pengering. Udara yang panas juga akan menyebabkan penyusutan pada jins. Mengeringkannya secara alami tidak akan mengubah bentuk jins.

Setelah mencucinya, ratakan jeans dengan tangan sehingga tak ada lagi kerutan. Kemudian, gantung di tempat sejuk yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari bisa membuat warna jins menjadi belel.

Memperbaiki
Perbaiki bagin jeans yang rusak sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar “luka” pada jins tidak semakin parah.

Ketika melihat bagian yang compang-camping di garis jahitan atau selangkangan. Sebelum semakin rusak, pastikan bagian tersebut diperbaiki.

Penting bagi kita untuk menguasai sedikit teknik dasar menjahit untuk memperbaiki jeans kita yang rusak, robek, atau berlubang agar tetap natural seperti baru.

Itulah agar tetap awet. Semoga bermanfaat ya. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.