5 Cara Sederhana Bikin Makeup Tak Mudah Luntur pada Wajah Berminyak

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Sederhana Bikin Makeup Tak Mudah Luntur pada Wajah Berminyak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki tentu bisa mengurangi penampilan. Permasalahan yang satu ini memang membutuhkan perhatian ekstra. Apalagi wajah yang berminyak sering kali membuat tampilan jadi terlihat kurang prima. Mulai dari produk makeup yang tidak membaur dengan sempurna di wajah, hingga tampilan riasan lekas luntur, pasti bisa membuat kaum hawa kurang percaya diri.

Kendati demikian, punya kulit berminyak bukanlah sebuah keburukan. Sebab, seorang wanita dengan kulit berminyak cenderung minim garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, kulit mereka juga selalu lembap. Hanya saja, untuk proses pengaplikasian makeup membutuhkan trik tersendiri.

Untuk itu, bukan berarti pemilik kulit berminyak tidak bisa merias wajah sama sekali. Hal ini cuma masalah pengetahuan jenis produk dan makeup yang baik untuk jenis kulit berminyak.

Berikut lima hal yang bisa dilakukan wanita untuk membuat riasan makeup bertahan lebih lama:

Bersihkan Wajah dengan Benar
Proses pembersihan wajah sangat penting bagi kulit berminyak. Pastikan Anda membersihkan wajah dengan benar di pagi hari. Gunakan pembersih yang mengandung setidaknya 2 persen asam salisilat. Asam salisilat membantu memecah dan menghilangkan minyak dari kulit, tanpa membuat kulit kering. Begitu juga pada T-zone yang berminyak.

Gunakan Pelembap Bebas Minyak
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Jika Anda tidak menjaga kelembapan kulit, otomatis kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak. Jangan lupa gunakan pelembap bertekstur ringan, bebas minyak, dan tidak creamy.

Biarkan pelembap terserap lebih dulu pada kulit, baru kemudian proses pengaplikasian makeup dapat dilakukan.

Gunakan Bedak Sebelum Foundation
Mungkin aneh kedengarannya, tetapi membubuhkan sedikit bedak tabur sebelum menerapkan foundation akan membantu mengurangi kadar minyak berlebih untuk waktu yang lama. Bedak tabur akan membantu mengisi pori-pori di kulit dan juga mencegah keluarnya minyak berlebih.

Jangan Gunakan Concealer pada Kelopak Mata
Anda yang memiliki kulit berminyak harus menghindari penggunaan concealer pada kelopak mata, karena ini akan membuat bekas lipatan pada mata tampak jelas dan tidak terlihat bagus.

Sebaliknya, gunakan eye primer yang akan membantu menyerap lemak. Concealer hanya akan menyamakan warna kulit, tetapi tidak akan membantu menjaga riasan eyeshadow bertahan lama.

Gunakan Foundation yang Tepat
Memilih foundation yang tepat dan cocok untuk kulit berminyak akan membuat riasan bertahan sepanjang hari. Pilihlah foundation matte bebas minyak. Aplikasikan dengan kuas atau sponge agar merata. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.