oleh

5 Cara Sederhana Menjaga Kualitas Tidur Anak

PortalMadura.Com – Tidur memiliki peranan penting dalam pertumbuhan anak, karena pada saat tidur terjadi proses perbaikan sel otak dan pengeluaran hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, kualitas dari tidur anak harus dijaga. Hal ini kerap kali luput dari perhatian orang tua.

Anak yang memiliki gangguan tidur otomatis akan terganggu pertumbuhan tinggi badannya. Selain itu, gangguan tidur pada anak juga dapat memengaruhi sistem imunitas, perkembangan fungsi hormon, metabolisme tubuh, sistem jantung dan pembuluh darah, serta proses belajar dan daya ingat.

Melansir dari fimela.com dikutip oleh laman stanfordchildrens.org, Dr. Sumit Bhargava mengungkapkan bahwa tidur sangat penting khususnya bagi anak yang sedang berkembang baik secara mental maupun fisik. Pada anak-anak, periode pelepasan hormon pertumbuhan paling aktif terjadi saat anak mulai memasukai fase tidur nyenyak.

Untuk memastikan anak mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan. Seperti apa, yuks simak dibawah ini.

Ciptakan Ritual sebelum Tidur
Buat aktivitas yang jadi penanda sudah waktunya tidur. Misalnya, ritual ganti baju tidur, gosok gigi, mendongeng, dan memadamkan lampu. Dengan urutan seperti itu, anak bisa menyiapkan dirinya untuk tidur. Sehingga anak bisa tidur dengan lebih rileks.

Temani Anak
Habiskan waktu beberapa menit bersama anak sebelum tidur. Apalagi kalau selama seharian kita sibuk bekerja, maka waktu pada malam hari sebelum tidur bisa jadi waktu yang berkualitas untuk dihabiskan bersama anak.

Pada bayi, coba habiskan waktu 5-10 menit mendekap dan membaut kontak mata, bisa sambil menyanyikan lagu atau menyenandungkan kata-kata yang membuat si kecil tenang. Pada anak usia sekolah, kita bisa menanyakan beberapa hal terkait hari atau aktivitas yang dilakukannya seharian.

Buat Jadwal Tidur Teratur
Mengikuti jadwal tidur yang tetap membantu anak merasa aman karena bisa mengondisikan anak untuk tidak merasa terpaksa untuk tidur. Akhir pekan pun tetap perlu mengikuti jadwal tidur yang teratur supaya anak tak kesulitan untuk kembali beraktivitas atau bersekolah pada hari-hari selanjutnya.

Padamkan Lampu dan Matikan Gawai
Matikan ponsel dan semua gawai sebelum tidur. Padamkan juga lampu kamar tidur. Tidur dalam keadaan gelap dapat memaksimalan produksi hormon melatonin dan serotonin dalam tubuh. Setidaknya dua jam sebelum jadwal tidur, jauhkan anak dari gawai. Bantu anak untuk mempersiapkan dirinya istirahat.

Makan Malam yang Cukup
Lapar atau terlalu kenyang akan membuat anak tidak nyaman dan terjaga. Sehingga menyulutkan mereka untuk tidur. Maka dari itu, bantu sediakan makan malam yang cukup pada jadwal yang tak terlalu berdekatan dengan jam tidur agar anak merasa nyaman saat tidur.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa orang tua dicoba untuk menjaga kualitas tidur anak. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar