5 Cara Tepat Buka Puasa Bagi Anda yang Berkulit Kering

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Tepat Buka Puasa Bagi Anda yang Berkulit Kering
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, ketika berpuasa lebih dari duabelas jam, tubuh mulai kekurangan cairan. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang mulai terlihat kusam dan kering. Tentu hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri, terutama bagi kaum hawa.

Jika Anda menemui kondisi tersebut, kecukupan cairan dalam tubuh sebaiknya segera dipenuhi saat buka puasa. Asupan yang sama sebaiknya juga dikonsumsi saat sahur untuk mencegah penurunan kesehatan kulit.

Berikut lima cara yang bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit:

Segera Minum Air Putih
Saat dengar azan Magrib, segera minum air putih 2 gelas untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Meski sedang puasa, tubuh tetap perlu 8 gelas air putih per hari.

Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda kerap mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang bisa mengakibatkan dehidrasi, hingga berdampak buruk pada kesehatan kulit. Selain kafein, minuman bersoda juga banyak mengandung gula yang berisiko meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. Hidangan manis bisa dikonsumsi dalam jumlah secukupnya.

Konsumsi Madu
Madu punya banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Madu mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Berbagai produk kecantikan menambahkan madu untuk melembapkan bibir dan berbagai bagian kulit lainnya. Madu sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

Jangan Lupa Makan Sayur dan Buah
Selain dikonsumsi langsung, sayur dan buah bisa dibuat infused water yang diminum saat sahur atau buka puasa. Sayur dan buah mengandung kelengkapan vitamin dan mineral yang menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Cegah Kulit Kering Selama Puasa Ramadan

Makan Ikan
Ikan mengandung asam lemak esensial yang tidak bisa dibentuk tubuh sendiri. Kandngan asam lemak membantu kulit tetap lembap dan bercahaya sehingga tidak mudah kering. Sangat disarankan makan ikan sedikitnya 2 kali seminggu dengan cara mengolah yang minim garam, gula, dan minyak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.