5 Cara Tepat Kelola Gaji yang Perlu Anda Perhatikan

Cara Tepat Kelola Gaji
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Ketika seseorang melamar suatu pekerjaan, salah satu hal yang menjadi pertimbangan yaitu gaji. Sayangnya, tidak semua karyawan bisa memperhitungkan secara baik gaji dengan kebutuhan hidupnya. Tidak sedikit pula dari mereka yang memiliki gaji besar, namun tetap saja tidak bisa mengelola gaji untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Akan tetapi, ada juga karyawan dengan gaji standar, namun mampu untuk mengover segala kebutuhan hidupnya. Dari adanya permasalahan ini, Anda tentu sudah bisa menyimpulkan jika pengelolaan gaji tidak tergantung pada besar atau tidaknya gaji karyawan, tetapi berdasarkan kemahiran setiap individu dalam mengelola gajinya.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola gaji, baik itu gaji yang besar maupun yang standar. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut lima cara mengelola gaji yang benar:

Sisihkan Uang untuk Menabung
Menabung adalah kegiatan yang sangat menguntungkan di masa depan bagi semua orang yang melakukannya. Keuntungan menabung sangat banyak sekali, misalnya saja untuk mengover kebutuhan mendadak, berobat jika sakit mendadak, dan biaya pernikahan.

Sisihkan gaji Anda setidaknya 15-20% dari gaji yang diterima dan tentu dengan demikian akan memudahkan Anda jika ada kebutuhan mendadak. Sejujurnya, tidak ada yang bisa tahu seperti apa finansial di masa mendatang. Sebab hidup dan nasib seseorang bagaikan roda yang berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Di sinilah tabungan menjadi penyelamat bagi Anda. Karena itu, ada baiknya lakukan cara ini yang sudah pasti menguntungkan masa depan Anda. Menabung sendiri juga bukan berupa uang, tapi Anda juga bisa menabung dengan menggunakan logam mulia atau emas.

Emas sendiri adalah suatu aset yang sangat mudah untuk diuangkan dalam kondisi mendadak. Nilai emas juga tetap sehingga tidak akan merugikan Anda.

Daftar Belanja Bulanan
Daftar belanjaan harus Anda buat sebelum pergi ke supermarket atau pusat perbelanjaan. Gunanya adalah untuk menentukan mana barang yang dibutuhkan sehingga Anda tidak akan membeli barang yang diinginkan kecuali benar-benar dibutuhkan.

Daftar belanjaan sangat penting dan wajib dibuat sebelum keluar rumah. Pastikan jika barang yang dibeli memang memiliki nilai guna yang tinggi bagi Anda dan keluarga, terutama jika sudah berumah tangga. Barang yang tidak dibutuhkan sebaiknya tidak dibeli agar nantinya tidak masuk atau jatuh ke dalam pemborosan.

Rencana Pengeluaran Bulanan
Buatlah rencana pengeluaran dengan rapi agar nantinya tidak mengalami defisit. Buat daftar pengeluaran setiap bulan, misalnya biaya listrik, biaya air bulanan, internet, biaya sekolah anak, bensin, dan lain sebagainya.

Pastikan gaji Anda setidaknya mampu mengover kebutuhan bulanan yang primer agar nantinya tidak berutang untuk membayar semua kebutuhan primer. Jika Anda ingin pergi ke mal atau rekreasi bulanan, ada baiknya perhitungkan biayanya sejak jauh hari dan letakkan hal tersebut pada kebutuhan yang paling akhir.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Pilih Gaya Hidup yang Tepat
Gaya hidup seseorang harus disesuaikan dengan gaji orang tersebut. Hal ini sering sekali diungkapkan banyak orang di Indonesia. Benar atau tidaknya hal tersebut bergantung presepsi setiap individu. Sebab setiap orang pasti memiliki gaya hidup masing-masing.

Namun, akan jauh lebih baik memang menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan finansial Anda. Jangan menggunakankan barang mahal dan mewah demi mendapatkan popularitas, padahal di balik itu Anda mengalami kesulitan ekonomi yang besar.

Akan lebih baik dan lebih nyaman jika bergaya apa adanya sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Dengan begitu, tentu Anda akan merasa lebih tenang dan nyaman.

Kelola Gaji Setiap Bulan
Mengelola gaji setiap bulan harus Anda lakukan agar hidup lebih aman dan tenang. Jika gaji sudah terkelola dengan baik, kebutuhan hidup juga akan mudah untuk dipenuhi. Pastikan jika Anda tidak terjebak dengan lebih besar pasak daripada tiang atau lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. (suara.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.