5 Cara Ubah Smartphone Android Lama Jadi Baru Lagi

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Ubah Smartphone Android Lama Jadi Baru Lagi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Teknologi yang semakin canggih menjadikan beberapa merk smartphone android selalu menghadirkan produk yang lebih spektakuler. Namun, ada sebagian pengguna smartphone android lawas yang enggan menggantinya.

Meskipun banyak hal menarik yang ditawarkan produk baru yang tentunya lebih canggih, masih ada sebagian pengguna smartphone android lawas yang memilih bertahan. Hal itu dilakukan karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat perangkat Anda tampil baru lagi. Penasaran?

Berikut ini caranya:

Bersih-Bersih Memori Perangkat
Langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu memeriksa memori internal perangkat. Kebanyakan perangkat lawas biasanya memiliki memori internal yang terbatas, sehingga melakukan pembersihan memori perlu dilakukan.

Anda dapat memasang aplikasi Files Go dari Google untuk memeriksa kapasitas perangkat dan menyarankan untuk menghapus file usang. Cara ini mudah karena Anda tidak perlu melakukannya sendiri.

Tidak lupa, pasang pula aplikasi Google Photos untuk menyimpan koleksi foto di cloud dan segera menghapus versi aslinya Dengan metode ini, memori smartphone Android Anda akan lebih lega.

Hapus Aplikasi Tidak Terpakai
Kadang, saat menemukan aplikasi yang menarik, Anda tidak sadar langsung memasangnya. Padahal, aplikasi itu jelas mengambil kapasitas memori dan belum tentu digunakan secara berkala.

Untuk itu, menghapus sejumlah aplikasi yang tidak terpakai merupakan cara jitu untuk membuat perangkat Anda berjalan lebih baik. Anda dapat kembali memanfaatkan Files Go untuk memilih aplikasi ini.

Saat membuka aplikasi Files Go, aplikasi itu biasanya akan menampilkan kolom ‘Unused Apps‘ yang berisi daftar aplikasi tidak terpakai. Bukan daftar itu dan hapus aplikasi yang dirasa tidak lagi dibutuhkan.

Pilih Aplikasi Versi Lite
Saat ini, banyak aplikasi kenamaan sudah tersedia dalam versi Lite atau lebih sederhana. Meski tampil sederhana, fungsi utama dari aplikasi tersebut tetap dipertahankan, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Beberapa aplikasi yang menyediakan opsi ini adalah Facebook, Twitter, hingga Instagram. Beberapa aplikasi utama Google pun sudah tampil dengan opsi ini.

Aplikasi seperti Google Maps hingga YouTube versi ringan juga tersedia Play Store. Lewat cara ini, Anda dapat menghemat memori perangkat dan tetap menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dengan nyaman.

Selalu Perbaru Aplikasi di Perangkat
Cara ini terbilang cepat dan dapat dengan mudah dilakukan. Anda tinggal membuka Play Store, pilih ‘My Apps & Games‘, lalu perbarui aplikasi yang sudah mendapat pembaruan.

Meski kelihatannya sepele, aplikasi lawas sebenarnya menyimpan bug dan tidak optimal. Karenanya, akan berpengaruh pada pengalaman penggunaan aplikasi itu sendiri.

Oleh sebab itu, hal yang sebaiknya dilakukan saat pembaruan aplikasi hadir yaitu memasangnya. Bersamaan dengan pembaruan itu, pengembang biasanya menyertakan peningkatan kemampuan sehingga aplikasi kian optimal.

Pasang Laucher dari Pihak Ketiga
Salah satu keuntungan dari perangkat Android yaitu opsi untuk mengubah tampilan smartphone. Cara yang paling mudah ialah memasang launcher pihak ketiga yang ada di Google Play Store.

Saat ini, ada banyak aplikasi laucher yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Cari launcher yang paling cocok dengan Anda dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, sebelum benar-benar menggunakannya, pastikan launcher itu mampu berjalan dengan optimal di perangkat Anda. Beberapa launcher di Android menawarkan pengalaman yang sederhana dan cukup ringan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.