5 Daftar Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Berminyak, Catat!

Avatar of PortalMadura.com
5-Daftar-Kebiasaan-yang-Bikin-Kulit-Wajah-Berminyak,-Catat
ilustrasi (honestdocs.id)

PortalMadura.Com – Hampir setiap perempuan di era millenial ini memerhatikan penampilannya. Tentunya dengan cara melakukan perawatan rutin agar wajahnya tetap cantik dan bersih. Tidak hanya soal itu, jauh dari kata berminyak yang berlebihan di area muka juga menjadi pantangan bagi sebagian pemerhati.

Hal ini harusnya diikuti dengan cara mengapliasikan makeup yang sesuai dan tidak berlebihan saat beraktivitas di luar ruangan. Tapi sayangnya, masih banyak kaum hawa yang memiliki kebiasaan kurang baik dengan memakai makeup yang nyatanya berpotensi membuat kulit .

Apa saja kebiasaan tak sehat itu?. Berikut ini ulasannya seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (25/11/2021) dari laman Popmama.com:

Menggunakan Terlalu Banyak Jenis Produk Makeup

Berbicara mengenai penggunaan makeup, setiap dari Anda tentu saja memahami langkah-langkah yang terbilang banyak untuk dilakukan. Mulai dari penggunaan primer, counceler, foundation, bedak, blush-on dan masih banyak lagi.

Semuanya itu memang diperuntukkan agar penampilan wajah terlihat mengesankan sebagaimana yang didambakan. Namun, tahukah Anda? Menggunakan terlalu banyak jenis produk makeup dapat memberi dampak sebaliknya yang negatif bagi kulit wajah.

Dilansir dari laman Cosmopolitan USA, seorang pakar kosmetik dan kimiawan bernama Mary Schook menjelaskan alasannya. Katanya, penggunaan banyak jenis produk makeup yang berbeda dapat mengubah kondisi pH pada kulit.

Perubahan tersebut pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan pada kulit yang diakibatkan oleh exposure pada bahan aktif dan kimia. Sehingga gangguan dan kerusakan kulit terjadi begitu saja seperti produksi minyak berlebihan yang meningkat.

Takaran Produk Makeup Berlebihan

Berbicara mengenai penggunaan makeup, keadaan kulit yang diharapkan bertahan dalam keadaan baik dan sehat tidak hanya ditentukan dari jumlah produk yang digunakan. Sebaliknya, takaran produk makeup turut berperan dalam perihal ini.

Secara spesifik, para pakar kecantikan sebagaimana dilansir dari laman romper.com mengemukakan bahwa takaran pada setiap produk kosmetik haruslah cukup dan tidak berlebihan untuk kondisi kulit berminyak.

Pasalnya, takaran produk makeup yang berlebihan memacu produksi minyak pada kulit itu sendiri. Atas dasar itulah, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan produk makeup yang memiliki kelebihan khusus oil-free.

Tidak Menggunakan Primer

Pada poin sebelumnya, memang menganjurkan Anda untuk membatasi jumlah produk makeup berserta takaran yang digunakan. Namun, hal ini tidak mengharuskan Anda untuk mengurangi beberapa langkah aplikasi makeup yang wajib dilakukan.

Salah satunya adalah penggunaan primer. Dilanir dari Huffington Post, menurut seorang pakar Stephen Dimmick yang merupakan celebrity makeup artist ternama, penggunaan primer merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan.

Penggunaan primer bekerja dalam mempersiapkan kondisi kulit tetap terjaga saat proses menggunakan makeup selanjutnya. Alhasil, kandungan bahan aktif pada produk kosmetik tidak akan merusak kondisi kulit yang diharapkan dalam keadaan baik dan halus.

Produk Foundation yang Tidak Sesuai

Berbicara mengenai langkah-langkah yang wajib dilakukan dalam mengaplikasikan makeup, Anda tentu sangat memahami bahwa penggunaan foundation merupakan kunci dari penampilan wajah yang diharapkan tampil mengesankan.

Akan tetapi, dalam perihal ini, penggunaan foundation haruslah diperhatikan secara seksama di mana Anda dianjurkan untuk tidak salah dalam memilih produk foundation itu sendiri. Pasalnya, salah memilih produk akan membuat kondisi kulit bermasalah dan berminyak.

Dilansir dari Allure, seorang pakar kecantikan sekaligus brand ambassador L'Oreal menyetujui hal tersebut. Lebih lanjut lagi, ia merekomendasi matte foundation untuk kulit kering dan powder foundation untuk kulit berminyak.

Menghapus Makeup dengan Satu Langkah Saja

Siapa bilang proses makeup hanya mengacu pada langkah-langkah mengaplikasikan produk kosmetik saja?. Sebaliknya, langkah-langkah dalam mengapus produk makeup merupakan hal yang juga harus diperhatikan oleh setiap perempuan.

Sebagaimana dilansir dari laman Huffington Post, seorang pakar bernama Craig Kaffert dari Amarte Skin Care mengatakan bahwa membersihkan makeup dengan baik dapat menentukan kondisi kulit.

Dalam penjelasannya, ia mengemukakan bahwa proses mengapus makeup sebaiknya tidak hanya dilandaskan pada satu langkah saja, seperti menggunakan cleanser. Ada baiknya jika Anda melakukannya dengan cara double-cleansing supaya bahan aktif pada makeup benar-benar hilang.

Menariknya, cara tersebut nyatanya menjadi kebiasaan baik para perempuan di Korea Selatan dalam melakukan rutinitas kecantikan mereka seperti yang dikemukakan oleh Charlotte Cho kepada The Cut.

Untuk itulah, Anda sebaiknya memperhatikan catatan penting di atas supaya kebiasaan menggunakan makeup yang dilakukan tidak memberi dampak negatif hingga membuat kulit normal bisa menjadi berminyak. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.