5 Dampak Negatif Diet Keto Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Dampak Negatif Diet Keto Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hingga saat ini, kehadiran keto masih sangat populer di kalangan masyarakat millenial. Jenis diet dengan pola konsumsi rendah karbohidrat tapi tinggi lemak ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, sejumlah selebritis dunia pernah melakukan diet keto, seperti Al Roker dan Jenna Jameson.

Diet keto memang menjadi pilihan banyak orang karena hasil yang menjanjikan dalam waktu singkat. Namun, perlu disadari bahwa diet keto memiliki pengaruh buruk terhadap tubuh. Peneliti mengatakan, bahwa melakukan diet keto dalam jangka panjang sangat berbahaya. Lalu, apa saja bahayanya?.

Berikut lima bagi :

Kekurangan Nutrisi
Membatasi konsumsi karbohidrat berarti berhenti mengonsumsi makanan tidak sehat seperti roti tawar dan gula putih. Hal ini berarti juga turut membatasi konsumsi buah dan beberapa jenis sayuran yang merupakan sumber karbohidrat.

Buah dan sayur mengandung antioksidan dan vitamin yang baik untuk tubuh. Jika diet ini dilakukan, tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi tersebut.

Performa Tubuh Menurun
Sebuah studi dalam ‘Journal of Sports Medicine and Physical Fitness‘ menemukan bahwa seseorang yang sedang melakukan diet keto lebih mudah lelah ketika berolahraga dibandingkan dengan yang sedang melakukan diet karbohidrat tinggi. Nyatanya, diet keto justru merugikan karena menurunkan performa tubuh.

Berat Badan Naik Turun
Diet keto menjanjikan penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat. Saat terjadi penurunan berat badan, tubuh juga akan kehilangan massa otot.

Namun, diet keto ini merupakan diet dengan pola konsumsi lemak tinggi. Ada kemungkinan berat badan tubuh akan naik. Hal ini akan memengaruhi metabolisme tubuh dan membuat seseorang sulit untuk kembali menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ketahuilah, 4 Tanda Diet Keto yang Menunjukkan Hasil

Pembuluh Darah Rusak
Diet keto mengizinkan seseorang untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang diinginkan pada hari tertentu. Hal ini dapat menjadi masalah jika dilakukan dalam jangka panjang. Makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi yang dikomsumsi akan menjadi berbahaya dan menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah.

Serangan Berbagai Penyakit Parah
Seseorang dengan diet rendah karbohidrat lebih mungkin terkena fibrilasi atrial (AFib). AFib ini merupakan penyakit detak jantung paling umum yang meningkatkan risiko stroke dan gagal jantung.

Selain itu, diet dengan pola konsumsi lemak tinggi meningkatkan risiko kanker. Bagi Anda yang ingin melakukan diet keto, lakukanlah dengan seimbang. Carilah informasi mengenai diet yang sesuai dengan Anda agar tubuh tetap sehat dan ternutrisi selama menjalani diet.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.