oleh

5 Dampak yang Terjadi Ketika Anda Kebanyakan Makan Daging

PortalMadura.Com – Sumber dari protein dan lemak baik yang sangat baik bagi tubuh adalah daging. Kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi secara layak.

Terdapat dampak negatif yang bisa Anda peroleh ketika berlebihan mengonsumsinya, meskipun daging menyimpan sejumlah manfaat. Takaran makanan yang tepat merupakan hal yang penting untuk memperoleh manfaatnya.

Daging memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Oleh karena itu, berlebihan mengonsumsinya bisa berdampak pada kerja tubuh secara keseluruhan serta metabolisme. Walau beberapa orang kadang tak mengalami masalah usai makan daging dalam jumlah banyak, namun pada beberapa orang lain bisa muncul efek berbeda.

Baca Juga : Ajari Kelompok Tani, Dosen Unija Beri Pelatihan Pengolahan Umbi Garut di Desa Kasengan

Beberapa masalah yang mungkin muncul adalah rasa sakit dan tak nyaman. Munculnya masalah ini, bisa terjadi karena tubuh tidak bisa memproses daging secara layak usai menyantapnya.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Boldsky, berikut ini ada sejumlah hal yang bakal Anda alami ketika kebanyakan makan daging.

Loading...

Perut Kembung
Usai mengonsumsi daging berlebihan, munculnya perut kembung bisa jadi tanda tubuh tidak bisa menyerap dan mencernanya secara tepat. Jika Anda mengalami rasa tak nyaman setelah mengonsumsi daging, sebaiknya hindari makanan ini.

Konstipasi
Daging, terutama daging merah mengandung serat yang sedikit sehingga meningkatkan risiko konstipasi. Selain itu, makanan ini juga tinggi lemak sehingga butuh waktu lama untuk dicerna yang berujung konstipasi.

Napas Bau
Konsumsi makanan tinggi protein seperti daging dalam jumlah banyak bisa menyebabkan bau napas. Hal ini terjadi ketika tubuh dalam kondisi metabolis bernama ketosis sehingga mengeluarkan zat kimia yang memiliki bau tak sedap.

Kelelahan
Makanan tinggi protein seperti daging merah mengandung asam amino bernama trytophan. Kandungan ini digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang menimbulkan rasa kelelahan pada dirimu.

Mual
Berdasar sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi banyak daging merah memiliki peningkatan risiko kondisi peradangan yang menyakitkan di usus. Hal ini bisa berujung sakit perut parah serta mual pada diri mereka.

Sejumlah hal tersebut mungkin saja kamu hadapi ketika berlebihan mengonsumsi daging merah. Untuk mendapat manfaat sehat dari makanan tersebut, sebaiknya batasi konsumsinya dalam jumlah wajar dan aman.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE