oleh

5 Dukungan yang Perlu Dilakukan Suami Saat Istri Baru Melahirkan

PortalMadura.Com – Ketika selesai melahirkan, seorang istri tentunya membutuhkan banyak pertolongan, khususnya dari suami. Karena, setelah mengeluarkan energi ketika persalinan atau luka operasi caesar membuat ibu baru kadang merasa khawatir, baik mengenai rasa sakit yang dideritanya atau anak yang akan dirawatnya.

Namun kenyataannya, masih ada beberapa suami yang justru menyerahkan tanggung jawabnya itu pada istri. Padahal, dukungan suami sangatlah diharapkan oleh istri pada saat itu untuk membuatnya merasa nyaman dan aman.

Bagi suami yang sayang istri pastinya tidak akan membiarkannya mengurus sendiri. Jadi, yuk beri dukungan istri Anda dengan cara berikut ini:

Ikut Terlibat dari Awal
Banyak pria memilih untuk menyerahkan seluruh tanggung jawab mengurus anak pada istri. Namun jika Anda ingin memiliki hubungan yang positif dan memiliki hubungan emosional dengan anak, sebaiknya ikutlah terlibat dalam proses merawat anak sedari dini.

Anda bisa membantu menggantikan bajunya, menenangkan anak ketika menangis, memandikan anak, mengganti popok atau bermain dengan anak. Bonusnya istri Anda pun akan semakin sayang pada Anda.

Berikan Sentuhan pada Bayi
Sentuhan fisik dapat membuat bayi merasa tenang dan aman. Selain itu, memberikan sentuhan fisik pada bayi Anda dapat membangun rasa “percaya” bayi dan membangun ikatan emosional dengan Anda.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nursing Research and Practice pada tahun 2017, dilaporkan bahwa semakin dini dan semakin sering ayah berinteraksi dengan bayinya (seperti mengajak bicara, memeluk, menggendong atau bercanda), maka ikatan emosional yang terbentuk juga semakin erat. Hal ini juga dapat merangsang perkembangan otak bayi.

Bantu dan Temani Istri Saat Menyusui
Seperti yang sudah diketahui, nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir adalah ASI. Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah.

Loading...

Baca Juga : Ini Pentingnya Peran Suami Bantu Istri Masa Menyusui

Dukungan istri saat proses menyusui juga penting agar istri Anda lebih tenang dan rileks. Segelas air putih, membawakan bantal atau sekadar memijat bahu istri walaupun terkesan sepele namun akan sangat berarti bagi istri Anda.

Ketahui Informasi yang Anda Butuhkan Mengenai Bayi
Banyak pria yang tidak tahu kapan waktu imunisasi anak atau bahkan tidak memerhatikan apakah anak sudah bisa merangkak atau mulai berjalan. Terkadang banyak ayah juga menyelepekan hal-hal detail tentang bayinya, terlebih jika sudah anak kedua, ketiga dan seterusnya.

Padahal, setiap anak akan tumbuh, berkembang dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Tunjukkan kepedulian Anda dengan meluangkan waktu untuk mencari informasi kesehatan yang dibutuhkan tentang bayi Anda.

Jaga Kemesraan dengan Istri Anda
Euforia memiliki bayi terkadang membuat pasangan suami istri terlarut dan “lupa” menjaga kemesraan dan keharmonisan dengan pasangan. Anda mungkin berpikir, apalagi memikirkan ingin bermesraan dengan istri, untuk tidur dengan nyenyak di malam hari saja sudah sulit.

Baca Juga : Wahai Suami, Islam Anjurkan untuk Sayangi dan Jangan Sakiti Istri Anda

Namun menjaga kemesraan dengan pasangan merupakan salah satu bentuk dukungan yang bisa Anda berikan agar pasangan tahu bahwa Anda masih peduli dengan dirinya. Usahakan untuk tetap meluangkan waktu berkualitas berdua dengan pasangan meski kini Anda sudah dikaruniai buah hati.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar