5 Gerakan Olahraga Bagi Anda yang Betah di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
olahraga
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Malas karena tidak memiliki waktu senggang memang kerap kali menjadi alasan mayoritas orang. Sebenarnya, olahraga bisa dilakukan di mana saja. Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu alat khusus. Apalagi, buat mereka yang malas gerak untuk memulai olahraga di pusat kebugaran.

Nah, dengan melakukan gerakan olahraga rutin di rumah, Anda bisa melatih kekuatan otot dan keseimbangan tubuh. Latihan olahraga bisa dilakukan di rumah dan dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan untuk pemula yang ingin memulai rutinitas olahraga.

Berikut lima gerakan olahraga yang cocok untuk kalian yang betah di rumah:

Jumping Jack

Jumping jacks adalah gerakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa bantuan alat olahraga apapun. Gerakan ini termasuk dalam kombinasi dari latihan aerobik.

Caranya, berdiri dengan kedua kaki serta posisi tangan di samping. Kemudian, angkat kedua lengan Anda secara serentak hingga di atas kepala dan lompat secukupnya sembari merentangkan kaki dengan lebar. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik.

Baca Juga: 6+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Squat

Celana kesayangan sudah tidak bisa dipakai?. Cobalah gerakan olahraga ini di rumah. Squat bisa dipercaya untuk mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan perut. Gerakan olahraga ini dapat mengurangi tumpukan lemak dan membentuk bagian-bagian tadi.

Dengan melebarkan kaki setara dengan bahu, lalu letakkan jari-jari di belakang kepala. Naik dan turunkan badan Anda dengan mendorong pinggul ke belakang sembari menekuk lutut. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

Push Up

Gerakan olahraga seperti ini akan mengurangi lemak atau gelambir pada lengan Anda dan membantu memperkuat bahu karena push up dapat melatih otot lengan, bahu, hingga abdomen sebagai penstabilnya.

Caranya, Anda bisa posisikan badan seperti tengkurap lalu letakkan tangan di matras. Tidak lupa sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu. Jangan membuat leher terlalu mendongak atau tegang karena bisa menyebabkan sakit leher dan pastikan otot perut tetap kencang. Tekuk siku lalu turun dan naikkan dada Anda ke arah matras atau lantai. Lakukan gerakan ini hingga 10-20 kali dengan rutin.

Mountain Climber

Tidak punya waktu untuk olahraga?. Gerakan olahraga ini cocok dilakukan di rumah ketika Anda punya waktu senggang yang sedikit. Mountain climber adalah gerakan kardio yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung Anda. Selain itu, efektif juga untuk membakar kalori dalam waktu singkat.

Caranya, posisikan diri seperti akan melakukan push up lalu luruskan badan Anda, mulai dari bahu hingga kaki. Angkat lutut hingga mencapai dada, seolah-olah sedang berlari. Lakukan selama 5-10 kali.

Lari di Tempat

Malas untuk jogging atau lari sendirian?. Tidak mempunyai treadmill di rumah. Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu lari di tempat. Tanpa perlu ada personal trainer, Anda pasti tahu bagaimana lari tanpa bergerak ke sana kemari. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.