5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menumbuhkan Rasa Empati Anak

Avatar of PortalMadura.Com
5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menumbuhkan Rasa Empati Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai rasa empati terhadap lingkungan adalah hal yang sangat penting. Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang tua untuk mengajari anaknya.

orang tua perlu menciptakan kondisi pengasuhan yang tepat agar memiliki rasa empati sejak usia dini. Berikut sejumlah cara yang bisa dipakai orang tua agar memupuk rasa empati anak.

Jadi teladan yang baik
Orang tua adalah sosok sentral yang selalu ditiru oleh anak. Jika Anda ingin anak memiliki rasa empati tinggi, maka jadilah teladan yang baik. Misalnya, turut sedih dan bersikap penuh penghiburan saat tim olahraga si kecil kalah atau anak remaja Anda sedang patah hati.

Biarkan anak menyelesaikan konflik
Orang tua harus selalu sedia ketika anak membutuhkan bantuan. Namun, biarkan anak menyelesaikan konflik mereka sendiri agar ia belajar.

Bacakan buku-buku empatik
Bacakan dongeng sebelum tidur mengenai cerita ringan penuh pesan moral. Anda juga bisa menyediakan buku anak bergambar yang menunjukkan berbagai emosi dan adegan empatik untuk dibaca sendiri oleh anak.

Bicara dari hati ke hati
Berbicara tentang perasaan dan emosi yang dirasakan anak setiap hari sangat dianjurkan. Berbagi emosi secara jujur dan terbuka bisa membuat anak menumbuhkan rasa empati.

Tanya dan refleksikan
Dengarkan baik-baik saat anak menceritakan apa masalah mereka. Lalu tanya dan refleksikan kembali padanya, seperti ‘Kamu yakin merasa sangat sebal pada sahabatmu?' atau ‘Sepertinya kamu khawatir soal pertandingan hari ini'.

Konsep ini akan diterima anak dengan baik jika ada contoh dan teladan karena anak cenderung menerima dan meniru apa yang dilakukan orang tua. Dengan demikian rasa empati akan dapat tumbuh pada diri anak dengan subur. (republika.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.