oleh

5 Hal Sepele Penyebab Mata Merah dan Iritasi Parah

PortalMadura.Com – Mata merupakan jendela hati, sehingga keberadaannya sangat penting. Oleh karena itu, jika kondisinya terganggu karena mata merah pasti akan mengganggu berbagai aktivitas penting dan juga penampilan.

Biasanya mata merah disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu paparan debu yang masuk ke mata. Selain itu, ternyata ada beberapa hal sepele yang juga bisa membuat mata merah dan biasanya ini tidak disadari. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Konjungitvitis
Kondisi ini terjadi ketika lapisan luar transparan mata menjadi merah atau terinfeksi, yang menyebabkan mata tampak kemerahan atau merah muda. Biasanya ini disebabkan oleh masalah dengan saluran air mata Anda. Gejala pada awalnya adalah gatal, keluar cairan, dan sobek.

Terlalu Sering Menggunakan Obat Tetes Mata
Jika menggunakan obat tetes mata untuk mengobati masalah kesehatan mata pastikan digunakan dengan benar. Tentu saja, ini tidak hanya mengacu pada teknik tetapi keseringan penggunaannya. Banyak tetes mata mengandung imidazoline, yang bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah di mata. Tetapi jika digunakan secara berlebihan ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh dan membuat mata kemerahan.

Soflens yang Rusak
Ketika Anda mengalami kemerahan saat sedang menggunakan soflens, ada kemungkinan bahwa soflens yang Anda pakai mengalami kerusakan. Menurut American Academy Of Ophthalmology, yang memakai soflens bisa berisiko tinggi mengalami ulkus kornea. Pastikan Anda mengatur dan merawat soflens dengan baik dan hindari pemakaian soflens saat mata kemerahan atau terkena polusi.

Iritasi Lingkungan
Perhatikan paparan terhadap asap rokok,polusi, partikel debu,dan sebagainya. Selain itu, jika Anda pergi berenang, mata Anda bisa menjadi merah karena sensitif terhadap klorin serta urin di kolam renang. Para ahli juga mengatakan bahwa penyebab mata merah terjadi karena terkena senyawa organik yang mudah menguap, yang dapat ditemukan dalam produk, seperti pembersih, pelarut, cat, dan sebagainya.

Terlalu Banyak Menatap Layar
Bila Anda menghabiskan banyak waktu menatap layar, seperti telepon genggam, televisi, dan laptop itu dapat mengakibatkan mata Anda mengalami kemerahan. Gejala lain ketika menatap layar terlalu lama yaitu sakit kepala, penglihatan kabur, dan kesulitan fokus pada satu hal.

Berkedip sangat membantu mata Anda agar tetap lembut tetapi ketika menatap layar ada kecenderungan untuk tidak berkedip karena faktor radiasi yang di pancarkan. (okezone.com/Desy)