oleh

5 Hal yang Bisa Dilakukan Seorang Ayah Ketika Ibu Menyusui Si Kecil

PortalMadura.Com – Saat masa menyusui, balita memang membutuhkan waktu dan perhatian yang banyak dari seorang ibu. Di masa tersebut peran ibu memang sangat penting. Namun, bukan berarti seorang ayah tidak bisa melakukan apa-apa.

Tentunya, ayah dan ibu memiliki peran yang berbeda. Maka dari itu, seorang ayah harus cari tahu bagaimana agar ibu bisa tetap nyaman dan senang saat menyusui si kecil. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan seorang ayah untuk membantu istrinya:

Memijat Bahu atau Punggung Ibu
Pijatan dari orang yang disayang, tentunya akan bisa memberikan efek yang baik untuk memberikan rasa nyaman pada ibu. Ibu bisa rileks dan tidak pegal karena saat dipijat pada area punggung bisa membantu ibu untuk melepaskan hormon oksitosin yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Selipkan Bantal
Agar lebih nyaman, Ayah bisa menyiapkan bantal sebagai penyangga ibu saat menyusui. Hal ini dilakukan agar ASI bisa mengalir lancar karena ibu dalam posisi yang rileks.

Membantu Kerjaan Rumah Tangga
Perlu ayah ketahui, bahwa ibu tidak hanya mengurusi anak saat di rumah. Terkadang ibu juga harus menyiapkan makanan, mencuci pakaian, atau melakukan pekerjaan rumah lain yang harus diselesaikan. Jadi, sangatlah penting ada peran ayah untuk bekerja sama membantu mengurusi rumah tangga. Untuk itu, ayah harus selalu peka saat ibu mengurusi pekerjaan rumah tangga.

Mengajak Ibu Mengobrol
Menyempatkan untuk mengajak ibu mengobrol adalah salah satu cara agar ibu merasa diperhatikan sehingga tidak merasa kesepian. Dengan melakukan hal ini, ayah juga bisa memiliki momen yang berkualitas bersama ibu dan bayi.

Lebih Inisiatif
Saat menyusui si kecil tentunya ibu punya banyak kesibukan yang membuatnya tidak sempat menyiapkan segala keperluan rumah. Maka dari itu, ayah harus lebih inisiatif untuk memenuhi keperluannya sendiri maupun keluarga. Misalnya, ayah bisa bergantian dengan ibu untuk menjaga si kecil di rumah.

Ayah, memang ibu tidak bisa menyampaikan semua yang diinginkan. Namun dengan ayah mengetahui kelima hal yang harus dilakukan ini maka ibu akan merasa lebih tenang dan nyaman saat menyusui. (vemale.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar