5 Hal yang Jadi Penyebab Kerontokan pada Rambut

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Jadi Penyebab Kerontokan pada Rambut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang kerap kali dialami mayoritas orang terutama pada usia tertentu, yaitu . Parahnya lagi, meskipun mereka sudah menggunakan produk perawatan rambut yang mahal, terkadang cara ini tidak mampu menyelesaikan masalah rambut rontok tersebut.

Kendatipun tampak seperti masalah berat, kerontokan rambut sebenarnya merupakan sebuah hal yang umum dialami. Rata-rata secara normal seseorang kehilangan 80 helai rambut per hari. Akan tetapi, ketika mereka mengalami kerontokan rambut yang tampak jauh lebih banyak dari biasanya, maka perlu diperhatikan lebih lanjut kondisi yang dialaminya.

Baca Juga: Lakukan 3 Cara Alami Ini yang Bisa Atasi Rambut Rontok Tanpa Obat

Maka dari itu, berikut ini lima hal yang dapat menyebabkan masalah kerontokan pada rambut:

Perubahan Hormonal
Selama hidup, seseorang mengalami fluktuasi hormon yang menyebabkan munculnya perubahan secara psikologis. Perubahan hormon terutama ketika kehamilan dan kelahiran dapat berkontribusi terhadap rambut rontok. Kondisi tiroid yang tidak stabil dan menopause merupakan salah satu penyebab meningkatnya kerontokan.

Kurang Tidur
Kurangnya tidur bahkan hanya beberapa jam dalam sehari bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok. Hal ini berakibat pada kesehatan secara keseluruhan dan menimbulkan berbagai kondisi seperti insomnia, narkolepsi, serta munculnya gejala kebotakan.

Stres
Gaya hidup yang dijalani dapat berakibat pada kesehatan fisik dan mental Anda. Stres bisa menimbulkan berbagai macam masalah seperti penyakit kardiovaskular, pusing, serta rambut rontok. Guncangan akibat stres membuat lebih rentan terjadinya fase rontoknya rambut.

Alat Pembentuk Rambut
Penggunaan catok atau juga pengering rambut setiap hari dapat menjadi salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok. Paparan panas yang konstan, terutama setelah keramas (saat rambut paling rentan), membuat rambut ini menjadi rusak. Jangan terlalu sering mengatur rambut Anda dengan cara ini untuk menjaga kesehatannya.

Jenis Kelamin
Faktor terakhir ini menentukan pola rambut rontok mana yang Anda alami. Wanita cenderung mengalami rambut rontok di bagian atas kulit kepala, sedangkan pada pria hal ini terjadi dengan pola tertentu seperti garis rambut yang menipis. Pria juga cenderung mengalami kondisi auto imun yang mendorong munculnya kerontokan ini.

Baik secara sengaja maupun tidak, kelima faktor di atas sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan rambut yang Anda miliki. Kerontokan dapat terjadi karena beberapa faktor tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.