5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Rem Mobil Matic Bermasalah

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Rem Mobil Matic Bermasalah
Ilustrasi (Colourbox)

PortalMadura.Com – Menggunakan mobil matic merupakan salah satu pilihan pengendara yang tidak mau repot saat macet. Tidak adanya persneling memudahkan pengendara dan hanya mengandalkan rem.

Namun, jika rem sering digunakan bisa menyebabkan vapor lock. Dimana kondisi uap udara masuk ke dalam rem. Jika ini terjadi, fungsi rem bisa terganggu bahkan mengalami blong. Sehingga bisa membahayakan pengendara dan orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika blong. Karena hal ini bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Daihatsu Indonesia, berikut ini penjelasannya:

Jangan Panik!

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga ketenangan diri. Jangan panik! Saat Anda mengalami kepanikan, Anda tidak bisa berpikir dengan jernih. Terlebih ketika sudah membayangkan banyak hal mengerikan seperti kecelakaan dan lainnya.

Menyalakan Lampu Hazard dan Membunyikan Klakson

Setelah mengatasi rasa panik dan lebih kalem, segera beri tanda kepada pengemudi lain yang ada di jalan dengan menyalakan lampu hazard.

Membunyikan klakson juga sangat perlu karena biasanya, lampu hazard bisa saja tidak terlihat dengan jelas sehingga pengendara lain yang berada di depan mobil Anda tidak mengetahuinya.

Dengan melakukan dua hal tersebut, Anda berarti membantu pengendara lain untuk lebih berhati-hati dan menghindari mobil Anda supaya tidak terjadi hal bahaya lainnya.

Pindahkan Transmisi

Langkah selanjutnya adalah berusaha memelankan laju kendaraan. Meskipun tanpa rem, Anda masih tetap melambatkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan tuas transmisi.

Pindahkan tuas transmisi dari D menuju S. Pemindahan posisi tuas transmisi ini akan sedikit membantu memelankan kecepatan. Namun, hal ini memang kurang berhasil jika mobil melaju di jalan yang menurun.

Jalan lainnya yaitu memindahkannya ke posisi L sebagai gigi terendah sehingga laju kendaraan bisa lebih memelan lagi. Jika memang kurang berhasil karena laju jalan menurun, tidak perlu khawatir. Masih ada opsi lain, yaitu menggunakan rem tangan.

Tarik Tuas Rem Tangan

Rem tangan memang tidak digunakan jika memang kondisi tidak darurat. Terlebih jika laju kendaraan sangat cepat, penggunaan rem tangan tidak disarankan karena mobil bisa saja terpelanting dan berbahaya. Namun, di situasi tentu saja rem tangan adalah opsi terakhir yang bisa Anda ambil, bukan?

Anda harus menggunakan rem tangan dengan sangat hati-hati dan pelan agar mobil tidak merasa kaget. Lakukan dengan terus-menerus hingga laju kendaraan benar-benar melambat dan bisa dihentikan.

Membawa ke Bengkel Terdekat

Saat mobil sudah berhasil dikendalikan, Anda bisa berhenti dahulu untuk menenangkan diri. Ketika sudah merasa tenang, bawalah mobil ke bengkel terdekat supaya dicek dengan baik.

Anda bisa kembali menjalankan mobil dengan sangat berhati-hati atau memanggil mobil derek untuk membawanya ke bengkel.

Itulah penjelasan mengenai rem blong pada mobil matic, mulai dari alasan terjadinya rem blong hingga cara mengatasinya saat mengalami rem blong di jalan. Yang pasti, sikap tenang memang sangat dibutuhkan ya, Anda, sehingga semuanya selesai dengan aman.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.