Minimalis, Sumenep Hanya Punya 24 OPD

Avatar of PortalMadura.com
Minimalis, Sumenep Hanya Punya 24 OPD
Edy Rasiyadi

PortalMadura.Com, – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan perampingan terhadap Organisasi Perangkat Daerah ().

Semula, ada 30 OPD. Saat ini diputuskan menjadi sangat mnimalis, yakni hanya 24 OPD atau terdapat sejumlah OPD yang digabung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi, Rabu (2/5/2021) menyampaikan, penggabungan OPD itu di antaranya di tiga dinas PU menjadi satu. “Selain itu, Dinas Koperasi akan digabung dengan Dinas Perdagangan,” sebutnya.

DPA3KB, kata dia, sebagian akan digabung dengan Dinas Kesehatan. “Untuk KB-nya, dan sebagian lagi akan digabung ke Dinas Sosial (Dinsos),” terangnya.

Menurut dia, peraturan daerah (Perda) tentang struktur organisasi perangkat daerah (SOPD) baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep telah disetujui.

“Perdanya sudah ada dan sudah di-dok. Kami juga sudah minta verifikasi ke Pemprov Jatim,” katanya.

Untuk kepentingan SOPD baru tersebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami berkoordinasi terkait mutasi ASN dan penata-usahaan keuangannya. Karena sekarang memang menggunakan SIPD (sistem informasi pemerintah daerah), yakni program yang dibuat oleh Kemendagri,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.