5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Bikin Kartu Kredit

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Bikin Kartu Kredit
Ilustrasi

Kartu kredit mungkin bisa mempermudah hidup kita. Namun, jika salah langkah, hal tersebut justru bakal bikin keuangan kamu terganggu

PortalMadura.Com – Kebutuhan akan sistem pembayaran cashless yang mudah terus menjadi tren, salah satunya adalah kartu kredit. Saat ini, mengajukan pembuatan kartu kredit pun terbilang mudah. Kamu bisa mendaftarnya secara online, enggak lama kemudian ada verifikasi dari pihak bank, dan setelah itu kamu pun menerima kiriman kartu kredit.

Tapi sebelum kamu mengajukan kartu kredit, sebaiknya perhatikan waktu-waktu penting agar lebih diuntungkan dengan adanya kartu kredit. Salah dalam mengambil keputusan, yang terjadi justru dapat mengganggu keuangan kamu. Nah, biar enggak salah langkah, berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum bikin kartu kredit.

Apa kebutuhan kamu sebenarnya?

Hal pertama yang wajib kamu pertimbangkan adalah faktor kebutuhan. Kamu harus tahu apa yang menjadi kebutuhan kamu sebenarnya. Jangan sembarang menambah kartu kredit jika hanya jadi godaan di masa mendatang.

Cukupkan saja dengan yang sudah ada, dimaksimalkan dan digunakan sebaik-baiknya untuk membeli kebutuhan yang memang diperlukan dan bukan hanya karena tergoda potongan harga atau semacamnya. Singkirkan keinginan membuat kartu kredit jika kamu berencana menggunakannya hanya sebagai saran memenuhi gaya hidup.

Berapa tagihannya?

Tagihan kartu kredit enggak cuma biaya tahunan saja, tetapi juga biaya keterlambatan, biaya penarikan uang tunai, dan biaya keterlambatan pembayaran cicilan. Pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit yang memiliki biaya rendah.

Selain itu, kamu juga wajib memperhatikan soal tingkat bunga yang tinggi. Nah, dengan tarif yang tinggi tersebut, kamu tentu wajib memiliki kedisiplinan yang tinggi juga. Itu artinya, kamu harus mendebit saldo secara langsung agar terhindar dari utang.

Pekerjaan dan penghasilan tetap

Saat kamu mengajukan pembuatan kartu kredit, pastikan kamu sudah punya pekerjaan dengan penghasilan tetap. Dengan memiliki penghasilan tetap, setidaknya kamu memiliki uang untuk membayar tagihan setiap bulannya.

Selain itu, sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit, biasanya pihak penerbit kartu pun melakukan penilaian (assessment) terhadap pemasukan kamu. Dengan demikian, pihak bank dapat menentukan jenis kartu yang cocok dan apakah kamu dapat memiliki kartu kredit atau enggak.

Rata-rata penghasilan minimal untuk memiliki kartu kredit adalah sebesar Rp3 juta. Namun itu juga tergantung jenis kartu kredit dan jenis bank tertentu. Sebab, ada bank hanya menerbitkan kartu kredit bagi mereka yang penghasilannya di atas Rp 10 juta.

Apakah kamu sering bepergian ke luar negeri?

Jika kamu suka berpergian sepanjang waktu dan tidak memiliki kartu kredit, kamu pasti kehilangan manfaat penting. Kartu kredit memiliki perjalanan top dilengkapi dengan tunjangan perjalanan seperti asuransipembatalan/interupsi perjalanan, pertanggungan keterlambatan bagasi, hingga asuransikecelakaan perjalanan. Percaya atau enggak, kamu mendapatkan manfaat ini dan lainnya secara gratis sebagai pemegang kartu.

Keuntungan ini memang mengharuskan kamu membayar biaya tahunan kartu kredit, tetapi mereka bisa membayar besar jika kamu bepergian sepanjang waktu. Dengan kartu kredit perjalanan yang tepat, kamu bisa mendapatkan imbalan perjalanan baik untuk penerbangan, hotel, penyewaan mobil, dan lainnya.

Bisa mengontrol atau enggak?

Nah, hal terakhir yang wajib kamu perhatikan adalah kamu harus bisa mengetahui apakah mampu mengontrol pengeluaran saat menggunakan kartu kredit atau enggak. Atau kamu merupakan tipe orang yang enggak bisa mengatur finansial secara seimbang dan cenderung gemar berbelanja? Nah, kalau kamu tipe kedua sebaiknya pikir-pikir dulu, deh, sebelum punya kartu kredit.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa pembayaran kartu kredit harus dilakukan on time sebelum tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Beruntung saat ini cek tagihan dan cara bayar tagihan lebih mudah melalui Traveloka. Seluruh informasi akun tagihan dapat disimpan dalam satu aplikasi mobile Traveloka. Artinya, pengguna dapat langsung mengecek berbagai tagihan dan memilih cara pembayaran yang diinginkan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.