oleh

5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Pemilik Kulit Sensitif

PortalMadura.Com – Memiliki kulit sensitif cenderung mudah iritasi. Seperti kemerahan, terasa perih, gatal atau lain sebagainya. Oleh karena itu, pemilik jenis kulit ini harus intensif melakukan perawatan.

Pemilik kulit sensitif harus tahu apa saja bahan yang terkandung dalam perawatan yang akan dilakukan. Karena hal ini akan berdampak pada kepekaan kulit. Jangan lakukan beberapa hal ini agar kulit sensitif Anda tidak iritasi.

Selamat Ibadah Puasa

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik kulit sensitif.

Produk Perawatan Kulit yang Terlalu Keras

Saat membersihkan kulit, hal yang harus dilakukan yaitu memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Gunakan produk yang memiliki kandungan ringan sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kemerahan atau semakin menipis.

Kandungan yang cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif adalah bakuchiol, witch hazel, squalene, ceramide, melatonin, azelaic acid, dan minyak jojoba.

Dalam hal mengatasi jerawat dan keriput, eksfoliasi adalah hal yang seringkali dilakukan, namun perlu diingat untuk tidak menggunakannya terlalu sering karena akan mengganggu pelindung kulit dan memperburuk kondisi kulit.

Menghindari Penggunaan Retinoid

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang mana ketika di aplikasikan pada kulit, retinoid dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Namun retinoid memiliki kekurangan yang mana efek sampingnya dapat menimbulkan kemerahan dan pengelupasan.

Apakah karena hal itu harus di hindari? Tentu tidak. Efek samping ini biasanya akan muncul ketika kulit baru beradaptasi dengan perawatan.

Namun, untuk menghindari efek yang lebih parah, gunakanlah retinaldehyde yang merupakan senyawa lain dari retinoid.

Kandungan ini tidak terlalu kuat seperti retinoid tetapi memiliki fungsi yang sama, oleh karena itu akan sangat cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Memilih Produk Kecantikan dengan Kandungan Organik

Jika Anda pernah melihat pengiklanan produk yang menyampaikan dapat memberikan kecantikan secara alami, jangan langsung mempercayainya. Untuk pemilik kulit sensitif, bahan-bahan organik dapat menimbulkan reaksi alergi atau iritasi.

Bahan-bahan alami mungkin akan cocok dan bagus untuk pemilik jenis kulit normal, kombinasi, atau kering karena akan memberikan efek yang baik bagi kulit tetapi tidak untuk pemilik kulit sensitif.

Salah satu bahan organik yang harus dihindari yaitu minyak lavender karena hanya akan membuat kulit menjadi iritasi.

Menggunakan Jenis Sunscreen yang Salah

Sudah menjadi hal yang umum untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 setiap harinya, baik saat hujan atau cerah. Memakai sunscreen sendiri dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Idealnya, untuk pemilik kulit sensitif kandungan yang cocok adalah zinc oxide atau titanium oxide.

Kedua kandungan ini adalah bahan mineral yang cenderung tidak mengiritasi kulit sensitif serta molekul-molekul yang ada di dalamnya sudah jauh lebih kecil sehingga tidak akan meninggalkan lapisan putih pada kulit.

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Semakin banyak produk yang digunakan, maka akan semakin banyak jumlah bahan yang ada dan semakin besar kemungkinan kulit yang sensitif akan bereaksi.

Menggunakan produk kecantikan dengan bahan anti penuaan justru akan membuat pemilik kulit sensitif mengalami iritasi kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah skincare yang memiliki kandungan ringan dan tidak terdapat bahan aktif seperti yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

Nah, jadi itulah beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemilik kulit sensitif dalam melakukan perawatan kulit. Oleh karena itu, lebih berhati-hati saat memiliki produk skincare agar tidak membuat kulit menjadi iritasi.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar