5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kulit Berminyak, Hati-hati!

Avatar of PortalMadura.com
5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Kulit Berminyak, Hati-hati!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain jerawat, juga merupakan masalah yang sering dialami hampir semua orang, terutama kaum wanita. Kulit berminyak tidak hanya membuat wajah menjadi kusam, namun juga bisa memicu timbulnya beragam masalah.

Tahukah Anda, ternyata penyebab kulit berminyak tidak saja karena penggunaan produk perawatan wajah, tapi juga bisa disebabkan oleh yang Anda konsumsi sehari-hari.

Lantas, apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan kulit berminyak?. Berikut ini ulasannya:

Makanan Olahan Susu
Produk olahan susu atau dairy products seperti susu, keju, yogurt, es krim, susu kental manis, susu bubuk, maupun susu kemasan kerap dianjurkan untuk dihindari dalam berbagai jenis diet. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan.

Produk olahan susu mungkin kaya akan kalsium, tapi mereka juga kaya akan kandungan hormon yang tinggi. Hal ini dapat menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit.

Sebagai alternatif untuk sumber kalsium yang lebih sehat, Anda dapat menggantikan susu dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Selain itu, susu almond dan susu kedelai juga bisa menjadi pilihan.

Kafein
Berapa kali Anda minum kopi maupun teh dalam seminggu?. Baik dari pagi saat sampai di kantor, setelah makan siang, saat meeting, hingga saat bertemu dengan teman pada akhir pekan, sepertinya kopi maupun teh selalu menemani hari-hari Anda, bukan?.

Namun Anda harus berhati-hati, pasalnya konsumsi teh dan kopi yang merupakan minuman berkafein dapat membuat tubuh Anda kekurangan cairan. Sementara itu, saat tubuh dan kulit Anda kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengonsumsi lebih banyak minyak. Untuk mengatasi hal ini, kurangi frekuensi konsumsi minuman berkafein dan pastikan kamu perbanyak konsumsi air putih setelahnya.

Refined Carbohydrate
Refined carbohydrate atau makanan olahan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, pasta, mi instan, junk food, hingga jus olahan ternyata juga akan membuat kulit Anda semakin berminyak. Hal ini disebabkan oleh kadar gula tinggi yang kerap terkandung di dalamnya sehingga membuat kelenjar sebum meningkatkan produksi minyak di kulit.

Padahal, kulit berminyak dapat menjadi sumber masalah kulit lainnya seperti komedo maupun jerawat. Jika sulit untuk menghindari jenis makanan yang satu ini, Anda bisa memulai dengan mengurangi asupannya terlebih dahulu.

Terlalu Banyak Gula
Jika Anda adalah penggemar berat makanan manis dan hampir setiap hari mengonsumsinya, jangan heran jika kulit Anda berminyak. Sama seperti refined carbohydrate, mengonsumsi gula tentu akan berdampak pada kadar gula darah, yang akan memicu produksi insulin.

Nah, ternyata, produksi insulin ini akan menyebabkan kelenjar sebum di dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, jika ingin menghindari kulit berminyak, usahakan untuk menghindari kue, biskuit, es krim, minuman bersoda, maupun makanan-makanan manis lainnya.

Termasuk juga dessert kekinian yang kerap dihiasi berbagai topping. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan manis yang tentunya jauh lebih sehat dan kaya akan vitamin.

Makanan Pedas
Sepertinya makanan yang satu ini paling sulit untuk dihindari. Tentu Anda sudah tahu kalau kekayaan kuliner nusantara lekat dengan yang namanya sambal. Memang menyantap makanan pedas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mempercepat metabolisme atau meredakan gejala flu.

Namun, sensasi pedas dari cabai dapat menimbulkan rasa panas pada tubuh, yang akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak.

Namun, Anda tidak perlu langsung menghindari. Asalkan Anda tidak menyantap makanan pedas secara berlebihan dan terus-menerus tentu tidak apa-apa. Akan lebih baik juga jika Anda menyeimbangkan makanan pedas dengan sayur, seperti timun yang kaya akan air untuk menyejukkan sekaligus menghidrasi tubuh. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.