5 Jurus Ampuh Agar Tak Biasa Tunda Pekerjaan

Avatar of PortalMadura.com
5 Jurus Ampuh Agar Tak Biasa Tunda Pekerjaan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kata memang tidaklah baik dilakukan. Tapi, banyak orang justru sudah terbiasa dengan perilaku tersebut, bahkan dijadikan kebiasaan saat hendak menyelesaikan tugasnya. Salah satu alasannya karena rasa malas atau masih ada waktu lama.

Padahal, mengerjakan tugas atau pekerjaan mendekati tenggang waktu (deadline) justru hanya akan membuang waktu Anda menjadi sia-sia. Kerugian laiinnya yaitu hasil kerja yang dilakukan biasanya tidak akan maksimal. Hal ini lantaran terlalu buru-buru dan tidak teliti saat mengerjakannya.

Tidak hanya para pelajar yang kerap berperilaku demikian, pekerja kantoran pun juga banyak yang masih melakukan hal tersebut. Nah, agar kebiasaan buruk ini tidak semakin membudaya, ada cara ampuh mengatasinya.

Dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Jobstreet, berikut 5 cara ampuh agar Anda tidak menunda pekerjaan, sehingga kualitas kerja Anda akan meningkat:

Niat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah niat dari dalam hati. Karena tanpa adanya niat, akan terasa sulit untuk mengubah diri Anda sendiri. Dengan kata lain, terbiasa menunda pekerjaan ini tidak bisa diatasi dengan solusi dari luar apabila Anda tidak memiliki niat untuk menghindarinya.

Di tengah proses perbaikan diri, Anda mungkin akan mengalami penolakan dari pribadi diri sendiri. Jadi yang perlu Anda lakukan yaitu jauhi pemikiran bahwa “menunda pekerjaan tidak membuat rugi, meskipun selalu terburu-buru tidak pernah terlambat”.

Tanam dalam diri Anda jika tidak menunda Anda justru akan memiliki hidup yang lebih produktif. Dengan komitmen diri, dijamin akan membantu Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Buat Jadwal Tertulis

Selain dengan niat dari dalam hati, Anda juga perlu menerapkannya secara langsung. Salah satunya dengan membuat jadwal tertulis di kalender Anda. Dengan begitu, Anda bisa melihat timeline kerja Anda secara keseluruhan, tidak terpaku pada satu hari.

Jadi, sebaiknya Anda mempunyai kalender bulanan di meja, sehingga setiap Anda melihatnya Anda akan terus teringat akan pekerjaan Anda dan membuat Anda cepat mengerjakan pekerjaannya.

Buat Deadline Palsu

Salah satu penyebab menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang masih lama, sehingga Anda merasa memiliki banyak waktu sebelum mengerjakan hal tersebut. Nah, membuat deadline palsu kemungkinan besar Anda akan terdorong untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Contohnya, jika tiba-tiba ada pekerjaan dari atasan yang tidak terduga. Anda tidak akan terlalu panik, dan jika pekerjaan Anda belum terlalu sempurna, Anda bisa menyempurnakan pekerjaan, karena masih ada waktu. Setelah Anda menyelesaikan tugas sebelum deadline, pasti Anda akan merasa lebih puas.

Tidur yang Cukup

Mengatur waktu istirahat dalam hal ini sangat penting. Karena, apabila Anda kurang tidur atau waktu tidurnya tidak teratur akan berpengaruh pada konsentrasi Anda. Semakin kurang istirahat, maka fokus Anda akan cepat buyar dan kerja juga menjadi tidak maksimal.

Jadi, usahakan untuk mengatur waktu Anda, jangan sampai waktu untuk kerja Anda lakukan untuk tidur, waktu tidur Anda gunakan untuk kerja. Seimbangkan keduanya agar pekerjaan Anda selesai tepat waktu.

Hindari Sosial Media

Bosan ketika bekerja memang sudah lumrah terjadi. Untuk mengatasi rasa bosan itu, tidak sedikit para pekerja yang menggunakan Sosial Media (Sosmed). Tapi yang menjadi persoalan ketika sudah merasa nyaman bermain sosmed dan enggan untuk berhenti.

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Membiasakan Diri Tak Menunda Pekerjaan

Apabila terus berkelanjutan biasanya akan lupa waktu untuk bekerja. Bahkan, semakin sering Anda pakai sosial media dan main game, pasti akan semakin sering Anda menunda pekerjaan. Jadi, Anda juga perlu mengatur waktu bermedsos, ada saat bermain dan ada saat Anda serius melakukan tugas.

Itulah beberapa cara ampuh agar Anda tidak lagi menunda pekerjaan. Coba lakukan cara tersebut dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.