oleh

5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Lawan Penuaan Dini

PortalMadura.Com – Setiap orang pastinya ingin memiliki wajah yang tampak lebih muda, meskipun faktor usia yang membuat tanda-tanda penuaan dini mulai muncul. Semakin bertambahnya usia, beban tanggung jawab seseorang akan terasa kian rumit, hal inilah yang terkadang menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan di wajah.

Nah, untuk mengatasi masalah kerutan di wajah serta ingin membuat kulit tampak lebih muda, pastinya dibutuhkan kolagen. Kolagen merupakan hal yang penting bagi tubuh. Sebenarnya, setiap tubuh Anda memproduksi kolagen secara alami namun jumlahnya bakal menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, beberapa faktor seperti merokok, konsumsi gula, serta cahaya ultraviolet bisa membuat kolagen yang ada pada tubuh Anda menurun dan menyebabkan kulit menua secara prematur. Untungnya, terdapat sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini.

Berikut lima cara yang bisa Anda coba untuk melawan penuaan dini pada kulit, seperti dilansir Merdeka.com yang mengutip dari The Health Site:

Konsumsi Teh di Pagi Hari

Biasakan di pagi hari untuk mengonsumsi teh, karena teh membantu menurunkan resiko kanker, rheumatoid arthritis, bahkan juga masalah kerutan yang disebabkan lanjut usia. Terutama pada teh putih, yang bisa melindungi tubuh dari enzim yang merusak kolagen dan elastin, protein yang membuat kulit kenyal dan kencang.

Hilangnya dua jenis protein ini bisa menyebabkan kerut dan kondisi kulit yang mengendur lebih cepat muncul. Maka dari itu, teh merupakan minuman yang sangat tepat untuk melawan penuaan dini pada kulit.

Kurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi gula berlebihan akan mengakibatkan penuaan dini, karena merusak kolagen dan elastin pada tubuh. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gula bisa jadi cara yang tepat bagi Anda untuk mencegah penuaan dini terutama pada kulit wajah.

Minum Banyak Air

Air sangat membantu untuk membuang racun dari tubuh dan meningkatkan kilau kulit. Mengonsumsi air yang cukup juga bisa menghilangkan sejumlah masalah, seperti halnya ruam dan psoriasis.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Penuaan Dini pada Kulit

Hindari Paparan Cahaya Berlebih

Paparan cahaya berlebih punya peran sangat besar dalam penuaan dini di kulit. Jika Anda ingin melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet, Anda bisa berlindung dari cahaya matahari dengan menggunakan pakaian tertutup dan tabir surya.

Miliki Kehidupan Ranjang yang Baik

Lebih sering bercinta bisa menjadi cara yang tepat untuk melawan penuaan dini. Berdasarkan penelitian, bercinta tiga kali seminggu bisa menjadi cara untuk menerima manfaat luar biasa.

Berbagai cara di atas bisa Anda lakukan untuk menghindari penuaan dini. Cukup alami dan mudah untuk dilakukan, jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

Rewriter : Azizah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar