oleh

5 Kesalahan Gunakan Makeup yang Bikin Jerawatan di Wajah

PortalMadura.Com – Pengaruh pubertas pada remaja salah satu tandanya yaitu wajah berjerawat. Hal itu wajar terjadi karena dipengaruhi hormon. Menjadi tidak wajar bila jerawat masih bersarang di wajah meskipun usia sudah dewasa.

Jika hal itu terjadi maka masalahnya mungkin disebabkan salah menggunakan makeup atau makeup yang Anda gunakan tidak cocok. Berikut beberapa kesalahan memakai makeup yang biasanya bisa menimbulkan jerawat. Penasaran?

Berikut ini ulasannya:

Menggunakan Foundation yang Salah
Umumnya, makeup tidak akan menyebabkan jerawat, tapi untuk kondisi kulit tertentu, bisa menimbulkan alergi atau menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri dan menimbulkan jerawat, ungkap David Lortscher, dermatologis sekaligus CEO Curology. Pilih foundation dengan label non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo), tidak menyebabkan alergi dan mineral-based sehingga mengurangi iritasi kulit atau penyumbatan pori-pori.

Menutupi Jerawat dengan Banyak Foundation
Menurut profesor dermatologi Craig Austin, kebiasaan buruk ini justru bisa menyebabkan jerawat makin meradang, tidak kunjung sembuh, dan bahkan bisa memperparah iritasi. Ketika udara tidak bisa bersentuhan dengan kulit, jerawat justru tidak cepat sembuh. Kamu malah menghambat kulit untuk bernapas. Cara terbaik yaitu menghindari pemakaian foundation terlalu tebal pada jerawat.

Mengaplikasikan Makeup dengan Jari-jarimu
Aplikasikan makeup dengan kuas atau beauty sponge, hindari menggunakan jari karena jari menjadi tempat bersarangnya banyak bakteri yang tidak kamu ketahui. Biasakan juga mencuci tangan setiap kali mengaplikasikan makeup, serta rutin mencuci kuas dan sponge makeup yang kamu pakai.

Menggunakan Peralatan Makeup yang Kotor
Menggunakan peralatan makeup seperti kuas, sponge, dan peralatan makeup kotor lainnya, apalagi sudah digunakan oleh banyak orang, akan memperparah risiko wajah berjerawat. Paling tidak cuci peralatan makeup seminggu sekali jika digunakan untuk diri sendiri, dan cuci peralatan makeup setiap kali selesai merias jika digunakan untuk banyak orang.

Jarang Membersihkan Makeup Malam Hari
Malam hari merupakan waktu sempurna bagi kulit untuk mengistirahatkan diri sekaligus meregenerasi sel-sel kulit sehingga tetap cantik dan awet muda. Tapi jika Anda tidak pernah membersihkan makeup malam hari sebelum tidur, jangan heran jika wajah mudah berjerawat dan bahkan semakin keriput.

Itulah mengapa, sebaiknya Anda mulai menghilangkan kesalahan memakai makeup di atas ya ladies. Yuk lebih perhatian dengan kulit wajah Anda sendiri! (vemale.com/Desy)