5 Khasiat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
5 Khasiat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Salah satu buah yang ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yaitu melon. Selain itu, buah ini juga banyak disukai karena rasanya yang segar dan manis. Terdapat 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami dalam satu buah melon.

Sehingga disarankan untuk mengonsumsi buah ini karena akan memberikan energi dengan kadar lemak yang rendah. Buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Lantas apa saja manfaat buah melon bagi kesehatan?

Berikut ini ulasannya:

Tinggi Kandungan Kalium
Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon yaitu mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi Anda.

Mengandung Vitamin C
Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk kesehatan. Perharinya, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

Baik Untuk yang Sedang Diet
Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

Kaya Kandungan Vitamin B6
Seperti vitamin B lainnya, vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6 dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baik Untuk Ibu Hamil
Selama kehamilan, tubuh seorang ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini juga harus diperhatikan, karena ini adalah periode di mana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.

Dengan makan buah melon, ibu dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satu contohnya, kandungan kalium melon yang menjaga kesehatan jantung, serta vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin sehat melahirkan anak yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon perharinya. (hellosehat.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.