oleh

5 Khasiat Santan Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

PortalMadura.Com – Olahan kelapa yang sering ditemukan dalam berbagai makanan khas Indonesia yaitu santan kelapa. Cairan yang berwarna putih susu yang diperoleh dari pengepresan hasil parutan daging kelapa ini bisa melezatkan berbagai masakan.

Namun, sebagian besar masakan yang menggunakan santan berkolesterol tinggi dan berminyak sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal jika tidak diolah dengan cara dipanaskan, santan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Termasuk juga untuk kecantikan kulit dan rambut. Apa saja manfaat santan untuk kecantikan kulit dan rambut?.

Selamat Ibadah Puasa

Berikut ulasanya:

Mencegah Penuaan Dini
Ingin mendapatkan kulit yang awet muda? Gunakan santan sebagai bahan masker Anda! Santan memiliki kandungan vitamin C yang mampu merawat elastisitas dan fleksibilitas kulit sekaligus memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit. Tak hanya itu, santan juga kaya akan kandungan copper yang dapat mencegah kerutan, kulit kendur, dan age spot.

Melembapkan Kulit
Santan memiliki kandungan dan pelembap alami yang dapat menggantikan cairan pada kulit dehidrasi. Selain melembapkan, santan juga memiliki kemampuan untuk melawan kulit kering, mengurangi gatal-gatal, menenangkan pembengkakan, dan mengurangi kemerahan pada kulit. Anda bisa merasakan manfaat ini dengan mencampurkan secangkir santan pada air hangat, lalu rendam area tubuh tersebut selama 15 menit.

Mencegah Jerawat
Manfaat santan untuk kecantikan yang terakhir adalah mencegah terbentuknya jerawat. Anda yang memiliki kulit berminyak dan acne-prone dapat menggunakan santan sebagai cleanser. Santan memiliki kandungan antibacterial dan antimicrobial yang mampu mencegah terjadinya breakout. Fatty acid yang ditemukan dalam santan mampu menghilangkan bakteri jahat pada kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, kandungan fatty acid dalam santan aman digunakan karena tidak akan membuat pori-pori tersumbat.

Memicu Pertumbuhan Rambut
Santan kaya akan berbagai nutrisi esensial yang dapat menutrisi folikel dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Kandungan dalam santan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut antara lain adalah vitamin E, zat besi, magnesium, dan phosphorous. Untuk merasakan manfaat santan yang satu ini, kamu dapat memijat kulit kepala menggunakan santan hingga merata selama 5 menit, lalu diamkan selama 20-30 menit sebelum dibersihkan dengan sampo.

Menutrisi Rambut Kering dan Rusak
Tidak hanya pada kulit, santan juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan sekaligus menutrisi rambut. Kandungan pelembap, vitamin E, lauric acid, serta manganese pada santan dapat menjadi salah satu bahan alami untuk merawat rambut kering dan rusak. Anda dapat merasakan manfaat ini dengan cara memijat kulit kepala selama 5 menit, lalu bungkus rambut Anda dengan handuk panas agar proses menutrisi menjadi maksimal. Selain merawat rambut kering dan rusak, santan juga bermanfaat untuk merawat rambut rapuh dan ujung bercabang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengaplikasikan santan kental pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan sampo hingga bersih. (vemale.com/Desy)


Komentar