oleh

5 Langkah Ganti Ban Mobil Sendiri, Tak Perlu ke Bengkel

PortalMadura.Com – Selain mesin, ban juga merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi vital. Sebab, dengan roda atau ban ini suatu kendaraan bisa melaju di jalanan. Semewah apa pun fasilitas yang ditawarkan sebuah kendaraan, jika mobil tersebut tidak ada rodanya, tentu akan sia-sia saja karena tidak bisa digunakan.

Akan tetapi, pernahkah Anda melakukan perjalanan jauh lalu tiba-tiba mengalami rodanya lepas?. Atau mungkin malah pernah mengalami ban bocor di tengah jalan?. Bisa dibayangkan jika hal itu terjadi di tengah jalan tol dan tidak ada bengkel di sekitarnya, tentu kejadian tersebut membuat Anda stres, bukan?.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bisa mengganti ban mobil sendiri. Sebenarnya tidaklah sulit, ada beberapa cara mudah mengganti ban mobil sendiri tanpa harus ke bengkel.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggantinya sendiri, ada beberapa alat yang perlu Anda persiapkan. Karena sudah sewajarnya ketika ingin membenahi sesuatu, Anda memerlukan alat pendukung. Tidak terkecuali untuk sekadar mengganti ban mobil. Adapun alat-alat yang perlu disiapkan untuk mengganti ban mobil di antaranya: Dongkrak, kunci roda yang sesuai dengan baut roda mobil, dan ban cadangan yang ada.

Biasanya, kunci roda dan dongkrak telah disediakan di setiap mobil baru. Kalaupun tidak punya, Anda bisa membelinya terlebih dahulu sebagai persiapan untuk perjalanan panjang. Lalu, pastikan juga kondisi ban cadangan masih dalam kondisi prima.

Setelah menyiapkan semua alat yang dibutuhkan, persiapan selanjutnya adalah mengetahui bagaimana langkah atau cara mengganti ban mobil dan memasang ban cadangan yang telah disediakan.

Berikut lima langkah mengganti ban mobil sendiri tanpa harus ke bengkel, seperti dikutip Suara.com dari Cermati.com:

Longgarkan Baut pada Roda

Sebelum melepas ban mobil, longgarkan baut ban mobil menggunakan kunci roda yang telah disediakan sebelumnya. Perlu diperhatikan bahwa melonggarkan tidak sama dengan melepas. Jadi, usahakan ketika Anda melonggarkan baut pada ban mobil, jangan sampai lepas. Tidak terlalu erat, dan tidak pula terlalu longgar.

Gunakan Dongkrak Mobil

Cara kedua yang harus dilakukan setelah melonggarkan baut pada ban mobil adalah dengan mendongkrak mobil (mengangkat bagian roda yang akan dilepas) dengan dongkrak yang sebelumnya sudah disediakan.

Tidak terlalu sulit melakukannya, tapi memang cukup menguras tenaga. Caranya adalah dengan meletakkan dongkrak di bagian bawah mobil –dalam hal ini di sekitar roda yang akan diganti– lalu angkat tuas dongkrak naik-turun seperti sedang memompa air.

Setelah dirasa cukup, maka berhentilah sejenak dari memompa dongkrak. Pastikan sampai dongkrak benar-benar telah kuat menopang mobil, sehingga Anda sudah mudah untuk melepas dan mengganti ban mobil.

Lepaskan Ban Mobil

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melepas ban mobil yang telah dilonggarkan sebelumnya dengan perlahan. Tidak perlu terburu-buru ketika melepaskannya. Pertimbangkan keselamatan dan kesempurnaan pekerjaan, bukan pada cepat atau tidaknya.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ganti Ban Mobil

Pasang Ban Cadangan

Setelah melepas ban mobil yang lama, maka sudah waktunya bagi Anda memasang ban cadangan yang telah disiapkan. Cara memasang ban kali ini lumayan sedikit sulit daripada sekadar melepaskannya.

Anda harus benar-benar memasangnya dengan tepat, terlebih ketika memasang rem mobil pada ban yang baru dipasang. Teliti saat meletakkan ban pada pengaitnya agar melekat dengan sempurna. Coba goyangkan ke kanan dan ke kiri agar lebih mudah.

Pasang Baut Roda

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasang baut roda pada ban cadangan yang telah dipasang. Perlu Anda pastikan untuk memasang dan mengunci baut dengan kencang, agar ban tidak mudah lepas.

Di samping itu, kuatnya kuncian baut juga berpengaruh terhadap kestabilan roda ketika melaju. Semakin kencang Anda mengunci baut ban, maka akan semakin kuat pula ban mobil tersebut.

Rewriter : Salimah
Sumber : suara.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.