5 Langkah Mudah Rawat Ban Agar Lebih Awet

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Mudah Rawat Ban Agar Usia Pakainya Lebih Lama
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ban merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Oleh karena itu, komponen ini wajib selalu dirawat agar tidak mudah bocor dan tentunya bisa lebih awet.

Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah untuk menjaga performa si karet bundar ini. Apa saja?.

Dilansir liputan6.com dari Corsatire, terdapat lima cara paling mudah untuk merawat , sehingga performa yang dihasilkan selalu maksimal. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Cek Tekanan Ban Secara Berkala

Anda sebisa mungkin mengecek tekanan ban motor minimal satu bulan sekali. Sebab, tekanan ban yang kurang tepat dapat merusak pelek motor. Selain itu, tekanan ban yang kurang juga dapat menyebabkan kecelakaan saat berkendara di jalan yang tidak rata dan berbelok.

Jangan Membawa Beban Berlebih

Ketika mengendarai motor, jangan membawa beban terlalu berlebihan. Jika Anda sering membawa beban berlebih, ban motor akan lebih cepat gundul atau tipis.

Cek Kondisi Shockbreaker

Pastikan mengecek shockbreaker depan maupun belakang bisa bekerja dengan baik. Jika Anda menemukan salah satu shockbreaker motor sudah tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera diganti.

Shockbreaker yang rusak dapat menyebabkan tapak ban motor tipis secara tidak merata dan juga bisa mengganggu kenyamanan berkendara

Baca Juga : Wajib Cek 4 Hal Ini pada Ban Motor Ketika Musim Hujan

Gunakan Standart Tengah

Menggunakan standart tengah akan mengurangi tekanan samping pada ban saat sedang diparkir. Oleh karena itu, usahakan menggunakan standart tengah saat sedang memarkir motor. Hal ini bertujuan agar ban tidak mudah retak dan rusak.

Ganti Ban Motor Tepat Waktu

Jika Anda menemukan tanda-tanda ban motor sudah harus diganti, seperti permukaan tapak yang tipis atau retak di bagian dinding ban, maka segeralah menggantinya. Ingat, saat akan mengganti ban, pastikan ban motor yang Anda beli sesuai dengan ukuran dan kebutuhan.

Itulah lima cara paling mudah untuk merawat ban motor. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.