5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Sahur, Salah Satunya Durian

Avatar of PortalMadura.com
5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Sahur, Salah Satunya Durian
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk memulai pola makan yang sehat. Salah satunya, dalam urusan memilih makanan yang masuk ke tubuh saat . Pasalnya, dengan adanya jadwal sahur dan berbuka, umat Islam bisa mengondisikan tubuh untuk mendapat asupan nutrisi dan energi dengan cukup secara rutin.

Memang, terkadang di awal-awal puasa tubuh akan terasa lemas, namun bila Anda bisa lebih teliti memilih dan memilah makanan serta minuman untuk dikonsumsi saat sahur dengan baik, maka tubuh justru bisa mendapat lebih banyak manfaat sehatnya.

Maka dari itu, saat sahur Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan protein. Porsi yang dikonsumsi pun jangan sampai berlebihan atau membuat Anda terlalu kekenyangan. Bukan banyaknya makanan yang harus Anda utamakan, tapi kandungan dan nutrisinya yang perlu Anda perhatikan. Hal ini, agar puasa seharian selama bulan Ramadan bikin tubuh tidak mudah lemas atau lapar.

Berikut lima jenis yang perlu dihindari saat sahur:

Makanan Berminyak
Gorengan sebaiknya dibatasi atau tidak perlu dikonsumsi untuk sahur. Mengapa?. Karena makanan berminyak bisa membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih keras dan membuat tubuh jadi mudah capek.

Saat puasa, tubuh akan berusaha untuk membuang racun tapi kalau yang Anda konsumsi saat sahur terlalu banyak mengandung minyak, maka kinerja tubuh untuk detoksifikasi tubuh akan kurang efektif.

Minuman yang Mengandung Gula Pasir
Saat berbuka puasa memang disarankan untuk mengonsumsi yang manis-manis. Namun, untuk sahur sebaiknya tidak minum-minuman yang mengandung gula pasir, seperti teh manis.

Ada baiknya untuk mengonsumsi buah segar seperti apel dan pisang atau minum jus buah yang memiliki kandungan pemanis alami. Tubuh pada dasarnya membutuhkan glukosa dan fruktosa (bukan cuma sukrosa) agar bisa mendapat energi yang cukup untuk puasa seharian.

Makanan dengan Kandungan Lemak Jenuh
Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi makanan yang kaya protein atau mengandung lemak sehat.

Jenis protein yang baik dikonsumsi saat sahur antara lain telur, ikan, dan kacang almond. Sementara makanan yang mengandung lemak sehat untuk dikonsumsi saat sahur, beberapa di antaranya adalah buah alpukat, ikan salmon, dan aneka kacang-kacangan seperti almond dan kenari.

Makanan Pemicu Asam Lambung
Makanan yang terlalu pedas dan asam sebaiknya dihindari saat sahur. Karena makanan tersebut dikhawatirkan malah memicu asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan. Minuman berkafein pun sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

Makanan Pemicu Gas
Buah nangka, durian, dan minuman bersoda juga sebaiknya dihindari saat sahur. Jadi, sebaiknya memang harus lebih selektif dalam memilih makanan untuk dikonsumsi saat sahur.

Disertai niat kuat untuk beribadah, puasa selama bulan Ramadan Anda kali ini bisa membuat tubuh terasa lebih sehat saat diimbangi dengan menjaga pola makan yang baik.

Selain itu, makan sahur dan berbuka secukupnya dengan menu yang sehat dan bernutrisi, hal ini bisa membuat puasa seharian tidak akan mudah lemas atau lapar. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.