oleh

3 Tips Bikin Anak Lupa Waktu Menunggu Buka Puasa

PortalMadura.Com – Bulan puasa yang biasanya dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia menjadi momen tersendiri bagi sebagian orang tua untuk mengajarkan buah hatinya berpuasa sejak dini.

Pada prosesnya memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang cukup ekstra dari orang tua. Karena, bagi anak yang pertama kali menjalaninya biasanya akan mudah mengeluh bosan, bahkan nyaris menyerah menunggu waktu berbuka puasa.

Nah, untuk menyiasati hal itu, beberapa trik menarik berikut cukup efektif mengalihkan si kecil agar lupa waktu menunggu buka puasa. Mau tahu?. Yuk baca penjelasan di bawah ini:

Mengajak Dia Masak Bareng
Supaya si kecil lebih semangat, ajak dia menyiapkan hidangan berbuka puasa bersama. Mulai dari hidangan pembuka, menu utama, hingga sajian penutup. Bahkan, jika bisa tanyakan menu apa yang ingin disantapnya saat buka nanti. Kemudian, bantu dengan menyiapkan bahan serta menyajikannya. Selain menyenangkan, cara tersebut cukup ampuh untuk mengalihkan si kecil agar lupa waktu menunggu buka puasa.

Mengajak Anak Bersedekah
Di bulan Ramadan, sedekah atau kegiatan beramal amat dianjurkan. Maka tidak ada salahnya mengajak buah hati bersedekah, seperti pergi ke panti asuhan atau mengantarkan takjil di masjid untuk kegiatan buka bersama. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut juga mengasah jiwa sosial anak, di samping mengalihkannya agar lupa waktu menunggu buka puasa.

Membacakan Buku Cerita Anak
Apabila menu berbuka puasa sudah siap, dan tidak ada kegiatan penting yang berkaitan dengan pekerjaan rumah, cobalah untuk menemani si kecil. Berikan family time untuknya. Salah satunya dengan membacakan buku cerita anak yang difavoritkannya.

Namun, apabila buku cerita anak di rumah sedang tidak banyak dan masih berisi buku-buku stok lama, jangan berkecil hati. Tetap buat waktu menunggu berbuka menyenangkan dengan melihat toko buku online bersama si kecil.

Dengan beberapa trik tersebut, si kecil dapat mengisi waktu luangnya menunggu berbuka puasa dengan lebih bermanfaat. Bukan saja, bisa mengalihkannya agar lupa waktu menunggu buka puasa. Lebih dari itu, ia juga dapat menjadi anak yang lebih kreatif juga pintar dengan kegiatan menyenangkan selama Ramadan. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)


Komentar