oleh

5 Makanan yang Ampuh Kurangi Sakit Asam Lambung

PortalMadura.Com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini menarik obat asam lambung ranitidin yang disinyalir bisa memicu kanker. Hal ini tentu dapat meresahkan masyarakat dan berpikir ulang untuk mengonsumsi obat-obatan.

Khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat asam lambung, pasti akan lebih memilih untuk mengonsumsi obat alternatif yang aman bagi tubuh, bukan?. Maka dari itu, jika Anda punya sakit asam lambung tidak perlu kahwatir, ternyata ada beberapa macam makanan yang mampu mengatasi sakit asam lambung. Anda penasaran?.

Berikut lima makanan yang mampu meredakan asam lambung, seperti dilansir Okezone.com dari Livestrong:

Pisang

Pisang merupakan buah yang bagus untuk menyeimbangkan tingkat keasaman pencernaan. Selain itu, efek dari asam lambung berlebih adalah refluks asam, disebabkan oleh asam yang dilepaskan dari lambung ke kerongkongan. Pisang membantu mengatasi hal ini dengan melapisi lapisan esofagus.

Pisang kaya akan serat larut yang dikenal sebagai pektin, membantu memindahkan makanan di lambung melalui pencernaan lebih cepat sehingga lebih sedikit asam yang bisa menumpuk.

Melon

Melon diklasifikasikan sebagai buah alkali, sehingga dapat membantu menyeimbangkan sistem pencernaan. Melon merupakan sumber magnesium fantastis, yang merupakan bahan dalam pengobatan yang digunakan untuk mengobati asam lambung berlebih. Varietas melon terbaik untuk asam lambung termasuk cantaloupe dan honeydew.

Loading...

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Asam Lambung Meningkat yang Perlu Anda Hindari

Oatmeal

Tinggi akan serat, oatmeal bermanfaat untuk asam lambung berlebih. Ketika berbicara tentang kesehatan pencernaan, serat sangatlah berperan penting. Serat mampu menjaga makanan bergerak melalui perut dan proses pencernaan.

Serat tinggi juga memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti keinginan untuk makan berlebihan diminimalkan sehingga lebih sedikit asam lambung yang dibutuhkan atau diproduksi.

Yoghurt

Yoghurt baik untuk tubuh secara keseluruhan karena tinggi kandungan probiotiknya. Probiotik secara alami ditemukan di saluran pencernaan dan sering disebut sebagai bakteri baik. Tidak hanya menguntungkan kesehatan pencernaan, mereka juga memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan alami.

Sayuran Hijau

Seperti pisang dan melon, banyak sayuran hijau yang diklasifikasikan sebagai alkali sehingga mampu membantu menyeimbangkan kadar asam di perut. Sayuran yang paling basa adalah asparagus, bayam, kubis dan kubis brussel, semuanya berkontribusi untuk menyeimbangkan keasaman lambung ke tingkat yang cukup besar.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar