5 Bahan Alami yang Bisa Memutihkan Ketiak Hitam

Avatar of PortalMadura.com
5 Bahan Alami yang Bisa Memutihkan Ketiak Hitam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hal yang paling mengganggu pada tubuh ketika memiliki ketiak hitam. Hali ini disebabkan karena adanya kondisi kulit yang dikenal dengan acanthosis nigricans (AN) yaitu mengentalkan dan menghitamkan kulit ketiak.

Membersihkan kulit ketiak hitam dapat dilakukan dengan beberapa treatment. Namun, terkadang biaya yang tidak murah menjadi salah satu penghalang untuk melakukan perawatan kulit ketiak.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan ketiak hitam dengan harga terjangkau.

5 Bahan Alami yang Bisa Memutihkan Ketiak Hitam

Seperti yang dilansir okezone.com dikutip dari Brightside, berikut ini ada 5 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan ketiak hitam.

Cuka Sari Apel dan Soda Kue

Soda kue berguna sebagai agen pemutih ketiak untuk perawatan sederhana di rumah. Tidak hanya itu, soda kue juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan serta membuka pori-pori di ketiak untuk melepas racun dari dalam tubuh.

Siapkan dua sendok teh cuka sari apel dan dua sendok teh baking soda. Kemudian campurkan cuka sari apel dengan soda kue, ketika gelembung reda, oleskan bahan tersebut ke area ketiak dan biarkan mengering. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu untuk memutihkan ketiak hitam secara alami.

Baca Juga:  Berikut Manfaat Lulur Cokelat Untuk Kulit Lebih Cerah

Susu, Kunyit dan Madu

Kunyit biasa digunakan sebagai bahan pewarna alami. Meskipun begitu, bumbu dapur ini juga bisa mencerahkan kulit, termasuk ketiak.

Adapun cara menggunakannya cukup siapkan satu sendok makan susu, satu sendok teh bubuk kunyit dan madu. Kemudian campur semuanya dan aduk hingga merata, oleskan ke ketiakmu. Biarkan kering lalu bilas, lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu.

Gula Merah dan Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini memang terkenal mampu mengatasi masalah kulit. Salah satu caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula merah.

Siapkan tiga sendok makan gula merah dan dua sendok makan minyak zaitun murni. Kemudian campurkan bahan-bahan aduk hingga merata. Oleskan dan gosok ketiakmu selama dua menit, kemudian biarkan selama lima menit.

Baca Juga:  3 Langkah Perawatan Kulit Tangan Supaya Tetap Awet Muda, Anda Penasaran?

Setelah lima menit, bersihkan ketiak menggunakan air hangat dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya. Lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

Kentang

Sebagai bahan makanan karbohidrat, kentang bermanfaat memutihkan ketiak secara alami. Pasalnya, kentang memiliki sifat anti-iritasi yang bisa mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Baca Juga: Kandang dan Dapur Ketua Panitia Pilkades Juruan Laok Dibakar OTD

Siapkan satu kentang kecil, lalu kupas dan parut kentang. Peras kentang untuk mengeluarkan sarinya. Oleskan sari tersebut ke ketiakmu, diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas menggunakan air dingin. Lakukan hal ini dua kali sehari, gunakan pada pagi hari dan sebelum Anda pergi tidur di malam hari.

Baca Juga:  Berikut Manfaat Lulur Cokelat Untuk Kulit Lebih Cerah

Minyak Almond

Siapkan beberapa tetes minyak almond, oleskan pada ketiakmu lalu pijat dengan minyak tersebut di area ketiak yang gelap. Diamkan selama 8 sampai 10 menit. Lakukan hal ini setiap hari pada waktu senggangmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.